Tyupnora Agustina, . (2025) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERHITUNG DAN MINAT SISWA PADA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE MENCONGAK DAN KONSEPTUAL (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 7 BREBES TAHUN PELAJARAN 2024/2025). Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
Cover, Tesis bab 1 - 3 - tyupnora Agustina.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 4 - 5 - tyupnora Agustina.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka-Lampiran - tyupnora Agustina.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tyupnora Agustina, 2024. “Perbedaan Kemampuan Berhitung dan Minat Siswa pada Kelas yang Menggunakan Metode Mencongak dan Konseptual (Studi Kasus di Kelas VII Semester 1 SMP Negeri 7 Brebes Tahun Pelajaran 2024/2025”. Tesis, Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing Utama Prof .Dr.Purwo Susongko, M.Pd, Pembimbing Pendamping Dr. Munadi, M.Si. Rendahnya kemampuan berhitung anak juga ada faktor yang mempengaruhi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berhitung seorang anak diantaranya adalah faktor internal dan faktor eksternal. Masalah yang muncul selanjutnya saat belajar adalah kurangnya minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran matematika sehingga siswa kurang menguasai mata pelajaran tersebut dan dampaknya siswa akan kesulitan untuk memahami pelajaran matematika. Untuk mengatasi permasalahn tersebut maka peneliti akan melakukan ekperimen tenatng metode mencongak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan terjadinya kemampuan berhitung dan minat siswa yang menggunakan metode mencongak dan konseptual di dalam pembelajaran pada mata pelajaran matematika, dan untuk membuktikan terjadinya perbedaan kemampuan berhitung dan minat siswa antara yang menggunakan metode mencongak dan metode konseptual pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena data yang diperoleh berupa angka dan cara analisis datanya menggunakan analisis statistik. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Tempat dan waktu Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 7 Brebes yang terdiri dari 18 rombongan belajar. Eksperimen dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 (tiga) tahap, yaitu tahap tes awal ( pre-test ), tahap perlakuan ( treatment ), dan tahap tes akhir ( post-test ). Metode analisis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu analisis tahap awal yang merupakan analisis untuk menyelidiki kesamaan dua kelompok sebelum diberi perlakuan dan analisis tahap akhir yang merupakan analisis untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen dengan metode mencongak kemampuan berhitung dan minat belajar siswa lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan metode konseptual, dan terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berhitung maupun minat belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan setelah diberikan metode mencongak. Hasil penelitian ini berimplikasi bagi sekolah sebagai bahan informasi terkait kemampuan berhitung dan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 07:46 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 07:46 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |