PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PEDAGOGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DAN EVALUASI DI SD NEGERI KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL

Sugeng Ma’muni, . (2025) PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PEDAGOGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DAN EVALUASI DI SD NEGERI KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
TESIS COVER - BAB 3 - MAMUNI SUGENG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TESIS BAB 4-5 - MAMUNI SUGENG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA- LAMPIRAN - MAMUNI SUGENG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ugeng Ma’muni. 2024. “Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Literasi Pedagogi Guru Dalam Pembelajaran Dan Evaluasi Di SD Negeri Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd. Pembimbing II Dr. Muntoha Nasukha, M.Pd. Kata kunci :. Kurikulum Merdeka, literasi Pedagogik, Pembelajaran, Evaluasi Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui keberhasilan implementasi kurikulum merdeka, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya dalam meningkatkan literasi pedagogi guru dalam pembelajaran dan (3) Seberapa besar pengaruhnya dalam meningkatkan literasi pedagogi guru dalam evaluasi di SD Negeri Se Kecamatan Margasari.Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang data-datanya berhubungan dengan angka. Desain dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana pengaruh implementasi kurikulum Merdeka dalam meningkatkan literasi pedagogi guru dalam pembelajaran dan evaluasi di SD se Kecamatan Margasari.Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SD Negeri se Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal yang berjumlah 43 orang guru. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil dari uji hipotesis yang telah diungkapkan pada bagian sebelumnya, hasil penelitian antara lain: (1) Pengaruh implementasi Iurikulum Merdeka SD Negeri Se Kecamatan Margasari, pada variable ini memperoleh rata-rata 3,20 dengan katagori baik (2) Pengaruhnya terhadap kemampuan literasi guru pada a) Pembelajaran memperoleh rata-rata 3,25 dengan kategori baik b) Evaluasi memperoleh nilai rata-rata 3,23 dengan katagori baik. (3) faktor pendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka (a) kebijakan pemerintah yang mendukung, (b) kesiapan sekolah, dan (c) keterlibatan stakeholders. Sedangkan faktor-faktor penghambat pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Negeri Se Kecamatan Margasari: (a) kurangnya pemahaman guru, (b) keterbatasan sarana dan prasarana, (c) tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:33
Last Modified: 20 Feb 2025 06:33
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10127

Actions (login required)

View Item View Item