PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PADA PESERTA DIDIK FASE E SMA NEGERI 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL

Sugiarto, . (2025) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PADA PESERTA DIDIK FASE E SMA NEGERI 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
TESIS_SUGIARTO_7323800039_RPL-COVER-BAB 3 - Sugiarto Sugiarto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
TESIS_SUGIARTO_7323800039_RPL-BAB IV-V - Sugiarto Sugiarto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
TESIS_SUGIARTO_7323800039_RPL-DAFT PUSTAKA-LAMPIRAN - Sugiarto Sugiarto.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sugiarto, 2025. “Pengembangan Modul Digital Berbasis Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Numerasi Pada Peserta Didik Fase E Sma Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal”. Magister Pedagogi Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sitti Hartinah, DS., MM. (2) Dr Maufur, MPd. Kata Kunci : Modul digital, RME, kemampuan numerasi Hasil Rapor Pendidikan menunjukkan bahwa kemampuan numerasi peserta didik fase E di SMA Negeri 1 Slawi masih rendah. Pembelajaran konvensional yang kurang mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan nyata menjadi salah satu penyebab utama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, mengembangkan, menilai kelayakan, dan menghasilkan modul digital berbasis Realistic Mathematics Education (RME) guna meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan dibatasi hingga tahap pengembangan. Pada tahap analisis, dilakukan penyebaran angket kepada guru serta peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan media pembelajaran digital yang interaktif serta berbasis masalah kontekstual. Pada tahap desain, disusun struktur modul, pemilihan materi berbasis RME, serta perancangan tampilan visual dan fitur interaktif untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik. Tahap pengembangan menghasilkan modul digital Trireal, yang dikembangkan menggunakan perangkat lunak modern dengan fitur animasi, latihan soal interaktif, serta contoh permasalahan berbasis kehidupan nyata. Validasi ahli menunjukkan modul ini sangat layak dengan skor rata-rata 95%. Uji coba terbatas pada kelas X.8 menunjukkan peningkatan nilai pretest 46,06 menjadi posttest 79,22, dengan signifikansi 0,01 (p < 0,05). Selain itu, respons peserta didik terhadap modul mencapai 76%, menunjukkan bahwa modul ini menarik dan memenuhi kebutuhan mereka dalam pembelajaran. Dengan demikian, pengembangan modul digital berbasis RME telah berhasil memenuhi kebutuhan peserta didik dan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi mereka. Modul ini memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan kontekstual sesuai dengan prinsip RME.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:33
Last Modified: 20 Feb 2025 06:33
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10128

Actions (login required)

View Item View Item