Nina Asmawati, . (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI KABUPATEN BREBES. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
Cover sampai Bab 3_Tesis_Nina - Nina Asmawati.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB IV dan Bab V_Tesis_Nina - Nina Asmawati.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka sampai Lampiran - Nina Asmawati.pdf Download (8MB) |
Abstract
Asmawati,Nina.2025.“Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Brebes”.Tesis.Program Studi Magister Pedagogi Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr.Taufiqulloh,M.Hum. Pembimbing II Dr. Dewi Amaliah Nafiati,S.Pd, M.Si. Kata Kunci: LKPD, Problem based learning, Pendidikan Kesehatan Reproduksi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan peserta didik terhadap LKPD berbasis Problem Based Learning, mengetahui desain LKPD berbasis Problem Based Learning, mengetahui kelayakan dan kepraktisan LKPD berbasis Problem Based Learning terintegrasi pendidikan kesehatan reproduksi pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) model Borg dan Gall yang memiliki 10 tahap. Alur penelitan dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini hanya pada enam tahapan, yaitu research dan information collecting, planning, develop preliminary from of product, preliminary field testing, main product revision dan main field testing. Subjek penelitian pada tahap develop prliminary from of product adalah ahli bidang pendidikan dan kesehatan. Subjek penelitian pada tahap preliminary field testing guru IPA dan peserta didik kelas VIII.H SMPN 1 Tonjong Kabupaten Brebes. Untuk sumber data dan sampel penelitian pada tahap ujicoba lapangan diperluas diambil dari peserta didik kelas VIII.F dan VIII.G SMPN 1 Tonjong yang berjumlah 64 peserta didik dan 2 orang guru IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi selama aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian dari tahap analisis diperoleh data bahwa peserta didik kelas VIII SMP N 1 Tonjong Kabupaten Brebes membutuhkan LKPD berbasis Problem based learning terintegrasi pendidikan kesehatan reproduksi. Desain LKPD berbasis PBL terintegrasi pendidikan kesehatan memiliki karakteristik pengintegrasian materi IPA dengan materi program kementrian kesehatan yang relevan. LKPD yang dibuat memiliki kategori validitas tinggi dengan skor validitas 0,96 dan reliabilitas 81,82. Penilaian ahli kesehatan menyatakan LKPD memiliki kategori validitas 0,86 dan reliabilitas 75,76. Baik ahli pendidikan dan kesehatan menyatakan sangat layak digunakan dalam pembejaran. Hasil uji kepraktisan berdasarkan pengamatan dalam pembelajaran menunjukkan Nilai 86,11 kategori sangat baik dan reliabilitas berdasarkan Precentage of agreement sebesar 84,31, sehingga LKPD berbasis PBL terintegrasi pendidikan kesehatan reproduksi praktis digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:41 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:41 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |