PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI ZAT ADITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP

Isti Pardianiati, . (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI ZAT ADITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Tesis BAB 1-3 - Isti Pardianiati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
Tesis BAB 4-5 - Isti Pardianiati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFPUS dan LAMPIRAN_compressed (1) - Isti Pardianiati.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pardianiati, Isti. 2025. “Pengembangan E-modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains pada Materi Zat Aditif untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMP. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing Utama Prof. Dr.Purwo Susongko, M.Pd., Pembimbing Pendamping Dr. Munadi, M.Si. Kata Kunci: E-modul, Etnosains, Zat Aditif, Kemampuan Literasi Sains. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul, 2) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan e-modul, 3) mendesain e-modul, 4) membuktikan kelayakan e-modul, 5) membuktikan efektivitas e-modul pembelajaran IPA berbasis etnosains pada materi zat aditif mampu meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Dalam proses pengembangan dilakukan validasi materi dan media untuk mengetahui kelayakannya menggunakan instrumen berupa angket dan hasil validasinya dianalisis menggunakan Aiken V. Efektifitas e-modul diketahui melalui instrumen asesmen kemampuan literasi sains dengan analisis N-gain. Instrumen tersebut divalidasi menggunakan Rasch Model. Respon guru dan peserta didik diketahui melalui angket respon guru dan peserta didik dengan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) guru dan peserta didik membutuhkan adanya e-modul pembelajaran IPA berbasis etnosains pada materi zat aditif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik SMP, 2) proses pengembangan e-modul meliputi tahap analisis, desain dan pengembangan hingga tersusun modul elektronik yang dapat diakses secara online dengan tampilan layaknya buku memuat 3 kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik yaitu Zona Etnosains, Ayo Kita Amati dan Ayo Uji Kemampuanmu, 3) e-modul dinyatakan valid/ layak pada semua aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, penilaian kontekstual oleh validator materi dan dinyatakan valid/ layak pada semua aspek kegrafikan, 4) e-modul dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dengan nilai N-gain sebesar 0,52 yang termasuk kategori peningkatan sedang, 5) e-modul mendapat tanggapan yang sangat baik dari guru dengan nilai deskriptif presentase sebesar 97,69 % dan dari peserta didik dengan nilai deskriptif presentase sebesar 83,04 %. Dengan demikian e-modul pembelajaran IPA berbasis etnosains pada materi zat aditif dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan lietrasi sains peserta didik SMP.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Feb 2025 04:00
Last Modified: 25 Feb 2025 04:00
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10183

Actions (login required)

View Item View Item