GAYA BAHASA HIPERBOLA DAN IRONI LAGU-LAGU SLANK DALAM ALBUM GENERASI BIRU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SMA

Suhanto, SH (2020) GAYA BAHASA HIPERBOLA DAN IRONI LAGU-LAGU SLANK DALAM ALBUM GENERASI BIRU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_SUHANTO_PBSI[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

Suhanto. 2020. Gaya Bahasa Hiperbola dan Ironi dalam Lagu-lagu Slank album Generasi Biru dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Tri Mulyono M.Pd. Pembimbing II Khusnul Khotimah, M.Pd. Kata Kunci : Hiperbola, Ironi, Lirik, Implikasi Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hiperbola dan ironi pada lirik lagu-lagu Slank album Generasi Biru dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah lirik lagu-lagu Slank. Wujud data penelitian ini berupa penggalan lirik lagu-lagu Slank album Generasi Biru. Penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik mendengarkan, menulis dan membaca. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan teknik metode pembacaan semiotic, yakni teknik pembacaan heuristic dan hermeneutic atau netro aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada lirik lagu-lagu Slank album Generasi Biru mengandung hiperboa dan ironi. Hiperbola berjumlah 3 kutipan dengan prosentase 30% dan ironi sejumlah 28 kutipan dengan prosentase 70%. Penelitian ini cocok di implikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA dikarenakan isi dari penelitian ini melipti maja hiperbola dan ironi yang terdapat pada Kompetensi Dasar 3.17 yaitu mengidentifikasi unsur-unsur pembentuk puisi. Masukan atau saran yang dapat penulis sampaikan bagi pembaca semoga penelitian ini bermanfaat dan dapat dijadikan pedoman untuk penelitian selanjutnya. Bagi siswa diharapkan peserta didik mampu menambah tingkat pemahaman dalam berbahasa Indonesia khususnya dalam membaca suatu artikel dan hendaknya dapat membiasakan kegiatan analisis sehingga dapat lebih berfikir lebih kritis. Bagi guru bahasa Indonesia diharapkan lebih memperhatikan pemilihan materi dan bahan ajar yang pas berkaitan dengan pembelajaran bahasa tentang materi teks sastra dan membuat pembelajaran lebih bervariasi agar siswa siswa mendapatkan pengalaman pembelajaran yang baru.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Hanto SH Suhanto
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:22
Last Modified: 17 Feb 2020 03:22
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item