PERMODELAN SPASIAL KUALITAS AIR SEBAGAI PARAMETER DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA PERTAMBAKAN DI KELURAHAN MUARAREJA KOTA TEGAL

suyono, Suyono PERMODELAN SPASIAL KUALITAS AIR SEBAGAI PARAMETER DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA PERTAMBAKAN DI KELURAHAN MUARAREJA KOTA TEGAL. In: Semnas Implementasi pengembangan humaniora, sains dan Teknologi untuk meningkatkan daya saing dan kedaulatan bangsa, LPPM PGRI Semarang.

[img] Text
Mono tekxt Sem Nas UPGRIS - Permodelan spasial kualitas air...muarareja Tegal.pdf

Download (620kB)
[img] Text
B.1. Sertfikat, ST Pemakalah Semnas UPGRIS, gnjl 16-17.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Cek plagiarism)
PERMODELAN_SPASIAL_KUALITAS_AIR_SEBAGAI_PARAMETER_ (1).pdf

Download (6MB)
[img] Text (Peer Review)
38. Peer Reviewer Permodelan spasial kualitas air sebagai..dst.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tambak merupakan bu.didaya perikanan air payau di pesisir pantai yang rentan terhadap d.egradasi lingkungan. Teknologi penginderaan jauh dan SIG serta penentuan model pendckatan parametrik dari pcngujian kualitas lahan, merupakan altematif yang tepat dalam mengatasi permasalahan kela akan usaha budidaya tarnbak. Tnjuan penelitian untuk mengetahui kela akan usaha budidaya tambak permodelan spasial parameter kualitas air sebagai parameter dalam menentukan kelayakan usaha budidaya tambak dan untuk mengetahui strategi mengembangan usaha-usaha budidaya tambak di dalam menghadapi permasalahan k ialitas air Kelurahan Muarareja. Penelitian dilaksanakan pada bulan Nopember 2015 sampai dengan Januari 2016. Paremeter fisika dan kimia di area tambak Kelurahan Muarareja Kota Tegal terutama di sekitar tempat pembu.angan akhir (TPA), petemakan bebek/ayam tempat tambat labuh kapal telah melebihi ambang batas antara lain : amoniak, nitrat, nitrit, fosfat, bahan organik/TOM air dan tanah,&-am berat Plumbum/Timbal(Pb), Seng (Zn) dan tembaga (Cu). Kesesuaian lahan di Kelurahan Muarareja Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal berkisar antara S3 (sesuai marjinal/hampir sesu.ai) dengan skoring antara 253�33 l sebanyak 33 33% (Stasiun 10-] 4 16 18) dan NI (tidak sesuai saat ini) dengan skoring antara 174-252 sebanyak 66;67% (Stasiun 0-9 14 ] 7, 19, 20). Lokasi yang mempunyai kriteria kesesuaian lahan S3 (Sesuai Marjinal/Hampir Sesuai) berada di daerah di sebelah utara sekitar muara sungai, Pengembangan tambak di Kelurahan Muarareja Kota Tegal dapat dilakukan dengan a) penerapan budidaya polikulture antara bandeng-rumput laut dan udang b) penerapan sistern biosecurity dalam pengelolaan tambak dengan sistem sirkulasi tertutup, c) penerapan filterisasi dengan menggunakan kerang darah mau.pun kerang hijau untuk mengurangi kandungan logam berat. d) menambah ketrampilan petambak dalam peningkatan produksi budidaya tambak dan e) menajamen ku.alitas air d.an pemberian pakan Kata kunci : Permodelan Spastai, Kualitas Air, Budidaya Tambak.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: Dr Suyono suyono
Date Deposited: 28 Aug 2019 18:28
Last Modified: 26 Apr 2020 23:59
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item View Item