KOMPARASI HUBUNGAN INTERPERSONAL BAGI MAHASISWA BK SEMESTER VIII PECANDU DAN AKTIF DALAM GAME ONLINE (MOBILE LEGEND) DI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Anggit, Setyopratomo (2020) KOMPARASI HUBUNGAN INTERPERSONAL BAGI MAHASISWA BK SEMESTER VIII PECANDU DAN AKTIF DALAM GAME ONLINE (MOBILE LEGEND) DI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL TAHUN AKADEMIK 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
ANGGIT SETYOPRATOMO.pdf

Download (4MB)

Abstract

SETYOPRATOMO ANGGIT 2019. judul skripsi ”Komparasi Hubungan Interpersonal Bagi Mahasiswa Bk Semester VIII Pecandu Dan Aktif Dalam Game Online (Mobile Legend) Di Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2018/2019”, Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 : Dr. Suriswo M.Pd Pembimbing 2 : Sri Adi Nurhayati,S Psi,MM Kata kunci : Game Mobile Legend , Hubungan Interpersonal Perkembangan teknologi pada masa ini sangat berkembang pesat. Salah satu bagian dari hal ini adalah perkembangan game online yang berbasis pada internet. Perkembangan game online ini sudah menguasai banyak orang dan terutama kepada anak-anak remaja dan para mahasiswa di UPS Tegal. Penelitian ini dilandasi oleh Banyak anak-anak remaja mengalami kecanduan game online. Game online yang sekrang sedang tenar yaitu Mobile Legend, maka penelitian ini difokuskan pada individu yang bermain game online Mobile Legend. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui bagaimana game online mobile legend mengakibatkan seorang pemain game online menjadi berkurangnya hubungan interpersonalnya dengan teman yang lainnya. Kedua, untuk mengetahui apakah individu yang bermain game online Mobile Legend memengaruhi komunikasi langsung dengan orang lain disekitarnya. Ketiga, untuk mengetahui agar apakah rasa empati terhadap individu lain disekitarnya, dikarnakan terlalu mementingkan game jadi berkurang atau tidak. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif, expost facto Causal compararative research/ kausalitas. Populasi, mahasiswa bk fkip ups tegal semester viii tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 78 mahasiswa, adapun sample sesuai dengan kriteria pemain pecandu dan aktif game online mobile legend sebanyak 17 mahasiswa, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Menggunakan teknik skala sikap, kuisioner, observasi, wawancara,himpunan data dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Rumus korelasi product moment untuk uji validitas dan rumus Spearman Brown uji reliabilitas. Serta uji Analisis Paired Samples Test Hasil penelitian menunjukan: 1) diketahui bahwa hubungan interpersonal Mahasiswa BK FKIP UPS Tegal Semester VIII yang aktif bermain game online mobile legend dalam kategori rendah (30,7%). 2) diketahui bahwa hubungan interpersonal Mahasiswa BK FKIP UPS Tegal Semester VIII yang pecandu bermain game online mobile legend dalam kategori sangat tinggi (75%). 3) Pengambilan keputusan diketahui bahwa nilai sig (2-tailed)sebesar 0,013<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ada perbedaan antara pecandu dan aktif dalam Game Online (Mobile Legend) terhadap Hubungan Interpersonal Mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019. maka Hipotesis Kerja Ha diterima dan menolak Hipotesis nihil Ho

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Anggit Setyo Pratomo
Date Deposited: 17 Feb 2020 06:18
Last Modified: 17 Feb 2020 06:18
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item