EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS LITERASI BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA N 3 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dini, Indriani (2020) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS LITERASI BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA N 3 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI DINI FIX.pdf

Download (7MB)

Abstract

INDRIANI DINI. 2019. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Literasi Budaya untuk Meningkatkan Nilai Moral Religius Pada Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Sukoco. KW, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS., MM. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Literasi Budaya, Nilai Moral Religius. Pemahaman tentang nilai moral religius sangat dibutuhkan bagi peserta didik. Namun dalam perkembangan moral individu dapat berubah seiring berjalannya waktu, hal itu juga dipengaruhi oleh perkembangan jaman, karena banyak budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia. Memperluas pengetahuan akan budaya luar memang sangat diperlukan, namun anak terkadang dalam menyaring informasi sangat tidak hati-hati sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana tingkat nilai moral religius pada peserta didik kelas X MIPA sebelum diberi layanan bimbingan kelompok berbasis literasi budaya. 2) bagaimana tingkat nilai moral religius pada peserta didik X MIPA sesudah diberi layanan bimbingan kelompok berbasis literasi budaya. 3) apakah layanan bimbingan kelompok berbasis literasi budaya efektif dalam meningkatkan nilai moral religius pada peserta didik kelas X MIPA. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif, dengan jenis eksperimental semu dan desain one group pre and post test design. Populasi sebanyak 192 peserta didik, dan yang menjadi sampel ada 14 peserta didik yang memiliki nilai moral religius rendah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk uji validitas menggunakan rumus product moment, untuk uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown uji reliabilitas dan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kategori nilai moral religius sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis literasi budaya adalah 50% kategori sedang. 2) kategori nilai moral religius setelah diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis literasi budaya adalah 42% kategori tinggi. 3) layanan bimbingan kelompok berbasis literasi budaya untuk meningkatkan nilai moral religius pada peserta didik kelas X MIPA SMA N 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 efektif. Adapun saran yang diajukan kepada guru BK untuk memaksimalkan layanan bimbingan kelompok berbasis literasi budaya dan kepada peserta didik diharapkan peserta didik dapat untuk mempertahankan sikap yang sudah baik serta selalu bisa meningkatkan perilaku yang memiliki nilai moral religius.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Dini Indriani Indriani
Date Deposited: 17 Feb 2020 06:19
Last Modified: 17 Feb 2020 06:19
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item