KEEFEKTIFAN KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK MEMBENTUK KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS X MAN KOTA TEGAL

Nur, Fitriani (2020) KEEFEKTIFAN KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK MEMBENTUK KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS X MAN KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
NUR FITRIANI-dikonversi (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK FITRIANI NUR. 2019. “Keefektifan Kinerja Guru Bimbingan Konseling Dalam Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X MAN Kota Tegal ”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Sukoco KW, M.Pd, Pembimbing II: Mulyani, M.Pd. Kata Kunci: Keefektifan Kinerja Guru Bimbingan Konseling, Layanan Bimbingan Pribadi Sosial dan Kedisiplinan. Layanan Bimbingan pribadi sosial merupakan upaya pengembangan kemampuan yang diarahkan untuk memantapkan kepribadian dan mengembangkan kemampuan individu dalam menyelesaikan masalah-masalah dirinya, dan layanan yang diberikan mengarah pada pencapaian pribadi yang seimbang dengan memeperhatikan keunikan karakteristik pribadi serta ragam permasalahan yang dialami individu. Kenyataan yang terjadi pada guru bimbingan konseling belum memberikan adanya layanan bimbingan pribadi sosial dalam membentuk kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengefektifitaskan kinerja guru bimbingan konseling dalam layanan bimbingan pribadi sosial untuk membentuk kedisiplinan peserta didik kelas X MAN Kota Tegal. Populasi berjumlah 335 pada peserta didik. Prosedure sampling menggunakan teknik claster quota random sampling, sample penelitian berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, observasi dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Sperman Brown. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan uji t-test diperoleh thitung sebesar 7,38 sementara ttabel dengan db = N-1 = 30-1=29 dan taraf signifikan 5% sebesar 2,045 (lihat tabel nilai-nilai ttabel). Karena thitung > ttabel yaitu 7,38 > 2,045 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan menerima hipotesis kerja (Ha). Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya ”Keefektifan Kinerja Guru Bimbingan Konseling Dalam Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X MAN Kota Tegal”.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Nur Fitriani Fitriani
Date Deposited: 17 Feb 2020 06:40
Last Modified: 17 Feb 2020 06:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item