PELAKSANAAN PRAKTIK BELAJAR PPKN DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MATERI DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA DI SMK HEMAZ KARANGWARENG

Endang Suharni, Endang (2020) PELAKSANAAN PRAKTIK BELAJAR PPKN DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MATERI DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA DI SMK HEMAZ KARANGWARENG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI ENDANG.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Endang, Suharni, 2019,Pelaksanaan Praktik Belajar PPKn dalamPembelajaran menggunakan metode Diskusi Kelompok di SMK HEMAZ Karangwareng, Skripsi, PendidikanKewarganegaraan, Fakultas Ilmu Keguruan, Universitas Panca Sakti Tegal. Kata Kunci : Praktik belajar, PPKn, Diskusi Kelompok Penelitian ini dilakukan di SMK HEMAZ Karangwareng dengan fokus penelitian pelaksanaan praktik belajar Diskusi Kelompok serta hambatan yang ditemui dalam pelaksanaannya. Metode penelitian ini yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, kajian dokumen, dan wawancara. Sumber data yang diperoleh berasal dari informan (kepala sekolah, guru, dan siswa), aktivitas pembelajaran praktik belajar Diskusi Kelompok, serta dokumen sekolah berupa perangkat pembelajaran dan dokumentasi pelaksanaan praktik belajar yang pernah dilaksanakan sebelumnya. Pengujian validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi alat. SMK HEMAZ Karangwareng mengembangkan praktik PPKn melalui dua cara, yaitu melalui model pembelajaran Diskusi Kelompok dan studi lapangan dengan model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Kajian Diskusi Kelompok dilaksanakan dengan cara menganalisis kasus dan membuat portofolio kelas, dilaksanakan pada kelas XI semester genap tepatnya pada pembelajaran bab VI menganalisis Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia. Untuk studi lapangan yang pernah dikunjungi yaitu studi lapangan ke Pengadilan Kelas IB Cirebon. Sebelum pelaksanaanpembelajaran guru membuat perencanaan terlebih dahulu dengan membuat perangkat pembelajaran meliputi RPP, Silabus dan perencanaan lainnya. Penilaian yang dilakukan guru meliputi 2 hal yaitu penilaian produk dan penilaian sikap. Hambatan yang di temui saat pelaksanaan pembelajaran yaitu: waktu (jam pelajaran) PKn yang terbatas; guru masih menemui kendala dalam penyusunan RPP dan silabus untuk pelaksanaan pembelajaran studi lapangan dengan model pembelajaran ContextualTeaching Learning; karakter siswa yang beraneka ragam yaitu kemampuan danmotivasi siswa yang berbeda-beda. Saran dari penelitian ini yaitu: (1) bagi guru agar lebih meningkatkan lagi management kelas baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi. Dalam hal perencanaan studi lapangan diharapkan guru juga dapat dimasukkan ke dalam RPP dan Silabus, sehingga pelaksanaan pra kegiatan seperti membuat instrument kegiatan dan paska kegiatan berupa pemaparan hasil kegiatan serta refleksi dapat dilaksanakan dengan maksimal dan terencana. Dalam hal pelaksanaan, untuk mengatasi siswa yang pasif maka diharapkan guru tidak hanya memberikan tugas kelompok namun dapat juga memberikan tugas individu kepada siswa sehingga siswa memiliki tanggung jawab pribadi dan tidak ada siswa yang pasif dalam pembelajaran (2) bagi sekolah diharapkan dapat mendorong guru-guru untuk tertib dalam hal membuat perencanaan pembelajaran, memanagement pelaksanaan pembelajaran dan melakukan evaluasi pembelajaran. ABSTRACT Endang, Suharni, 2019,The implementation the practice of learning Civics using Group Discussion Method in SMK HEMAZ KARANGWARENG, Thesis,Civis Education, Faculty of Teaching and Educational Science, University of Panca Sakti Tegal Keyword : Practice of learning, Civics Education, Group Discussion This research was conducted in SMK HEMAZ Karangwareng focus on the research of the implementation of group discussion learning practice and the obstruction who can established in practice. This research used qualitative method. The instrument of this research from observation, the study of document, and interview. The source of data was conducted from informan (headmaster, teacher, students), the activity of a group discussion learning, and a school document such as the plan of learning and documentation of implementation the practice of learning was conducted before. The analysis of validation data in this research using source triangulasi and tool triangulasi technic. SMK Hemaz Karangwareng develop Civics practice through two ways, there are a group discussion learning model and the study with Contextual Teaching Learningmodel. The study of a group discussion implemented with analyze the case and make a class portofolio, implemented in eleventh grade students in the second semester, exactly in learning chapter VI analyze the dynamics of the role of Indonesia in world conciliation. for the study was visited, there are study in court IB Class Cirebon. Before implementation of learning, first teacher make a learning planning, syllabus, and the another planning. The assessment was conducted by teacher include two case, such as product assessment and attitude assessment. The obstruction was conducted in learning implementation is time (the subject) civics that limited ; the teacher still have an obstacle in arranging learning planning and syllabus to implementation of the study with ContextualTeaching Learningmodel ; the variety of character students is the different of ability and motivation students. The suggestions from this research are: (1) for teachers to further improve classroom management both in terms of planning, implementation and evaluation. In the case of field study planning it is expected that teachers can also be included in the RPP and Syllabus, so that the implementation of pre-activities such as making activity instruments and post-activities in the form of exposure to the results of activities and reflections can be carried out maximally and planned. In terms of implementation, to overcome students who are passive, it is expected that teachers not only provide group assignments but can also provide individual assignments to students so students have personal responsibility and there are no students who are passive in learning (2) for schools are expected to encourage teachers to be orderly in terms of making learning plans, managing learning implementation and evaluating learning.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Praktik belajar, PPKn, Diskusi Kelompok Practice of learning, Civics Education, Group Discussion
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Endang Endang Endang Suharni
Date Deposited: 18 Feb 2020 05:45
Last Modified: 18 Feb 2020 05:45
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1267

Actions (login required)

View Item View Item