PERANAN PELAKSANAAN PBB (PERATURAN BARIS BERBARIS) DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI DISIPLIN TERHADAP ANGGOTA PRAMUKA DI SMP NEGERI 2 BALAPULANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Elok Budiyanti, Elok (2020) PERANAN PELAKSANAAN PBB (PERATURAN BARIS BERBARIS) DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI DISIPLIN TERHADAP ANGGOTA PRAMUKA DI SMP NEGERI 2 BALAPULANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI ELOK FIX.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Elok Budiyanti 2020. “Peranan Pelaksanaan PBB (Peraturan Baris Berbaris) dalam Menanamkan Nilai-Nilai Disiplin terhadap Anggota Pramuka di SMP Negeri 2 Balapulang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Subiyanto, M.Pd; Pembimbing II Wahyu Jati Kusuma, SH,MH Kata Kunci: Peraturan Baris Berbaris, Disiplin, Pramuka Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kegiatan PBB yang dilaksanakan dalam ekstrakurikuler pramuka diantaranya bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai disiplin. Dalam kenyataannya masih terdapat peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah. SMP Negeri 2 Balapulang berusaha membentuk kepribadian peserta salah satunya melalui kegiatan pramuka. Bagaimana penanaman nilai-nilai disiplin melalui kegiatan pramuka di SMP Negeri 2 Balapulang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pelaksanaan kegiatan pramuka dan proses penanaman nilai disiplin melalui latihan PBB dalam kegiatan pramuka di SMP Negeri 2 Balapulang serta apa sajakah yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam kegiatan pramuka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Balapulang. Subjek dalam penelitian ini adalah Pembina Pramuka, Guru, dan anggota Pramuka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi data. Teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penanaman nilai disiplin melalui kegiatan PBB (Peraturan Baris Berbaris) di pramuka dapat dikatakan cukup efektif. Penanaman nilai disiplin dalam kegiatan PBB berupa rasa persatuan, rasa tanggung jawab dan kepatuhan dalam melaksanakan perintah dengan tepat dan cepat. Dan dari metode yang digunakan dalam latihan PBB dianggap cukup efektif untuk membantu siswa memiliki sikap kedisiplinan dalam diri siswa. Sehingga para siswa diharapkan mampu melaksanakan peraturan yang berlaku dalam kesehariannya dan mampu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Adapun saran yang diajukan untuk pembina pramuka dan seluruh pihak yang ada di SMP Negeri 2 balapulang diharapkan untuk bisa lebih kreatif dan inovatif lagi dalam menerapkan berbagai macam metode. Sekolah diharapkan untuk menambah jumlah pembina pramuka.diharapkan untuk menambah jumlah pembina pramuka. Pihak sekolah hendaknya mengembalikan lagi waktu pelaksanaan kegitan pramuka. Hendaknya Peserta pramuka diberi motivasi yang viii lebih agar mereka mau mengikuti kegiatan pramuka dengan baik. Disarankan seluruh masyarakat Indonesia supaya lebih memperhatikan lagi kegiatan pramuka.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Baris Berbaris, Disiplin, Pramuka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan
Depositing User: elok elok Elok Budiyanti
Date Deposited: 19 Feb 2020 06:44
Last Modified: 19 Feb 2020 06:44
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item View Item