KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERDISIPLIN WAKTU PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 PETARUKAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NOPIYANTO, TEGUH (2020) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERDISIPLIN WAKTU PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 PETARUKAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI TEGUH BK BURNING fix1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

NOPIYANTO, TEGUH. 2020.Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling terhadap Peningkatan Kemampuan Berdisiplin Waktu Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020”, Skripsi. Program StudiBimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. H. Suriswo, M.Pd. Pembimbing II Drs. Sukoco, M.Pd Kata Kunci :Bimbingan kelompok, teknik modelling, disiplin waktu Rumusan masalah penelitian bagaimanakah keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap peningkatan kemampuan berdisiplin waktu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020?Tujuan Penelitian untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap peningkatan kemampuan berdisiplin waktu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Jumlah responden 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat penelitian validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan persentase, pre-test dan post-test dan uji t. Hasil penelitian (1) Kemampuan berdisiplin waktu peserta didik sebelum layanan bimbingan kelompok dengan teknik modellingpada peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang tahun pelajaran 2019/2020 adalah dalam kriteria rendah dengan ketercapaian dari 30 peserta didik terdapat sebanyak 10 peserta didik (33,3%) dalam kategori rendah, (2) Kemampuan berdisiplin waktu peserta didik setelah layanan bimbingan kelompok dengan teknik modellingpada peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang tahun pelajaran 2019/2020 meningkat dalam kriteria tinggi dengan ketercapaian dari 30 peserta didik terdapat sebanyak 12 peserta didik (40,0%) dalam kategori tinggi, (3) Terdapat keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modellingterhadap peningkatan kemampuan berdisiplin waktu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020 dibuktikan oleh nilai uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 5,699. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 30 – 1 = 29 dimana diperoleh ttabel = 2,042 ternyata thitung = 5,699 > ttabel = 2,042 yang berarti hipotesis nihil ditolak berbunyi “Tidak terdapat keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modellingterhadap peningkatan kemampuan berdisiplin waktu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020” dan menerima hipotesis alternatif berbunyi “Terdapat keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modellingterhadap kemampuan berdisiplin waktu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:51
Last Modified: 04 Feb 2022 03:28
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item