EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganjil Materi Sistem Persamaan linear dua Variabel SMP Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020)

Budiman, Ananda (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganjil Materi Sistem Persamaan linear dua Variabel SMP Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
ANANDA BUDIMAN (1714500042).pdf

Download (5MB)

Abstract

BUDIMAN, ANANDA. 2020. Efektivitas Model pembelajaran Role Playing terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII Semester I SMP Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2098/2020. Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs Paridjo, M.Pd Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si. Kata kunci : efektivitas, model pembelajaran Role Playing, kemampuan pemecahan masalah, kemandirian belajar. Pembelajaran matematika dikatakan akan lebih efektif apabila dilakukan dengan cara siswa menemukan sendiri kemampuannya dalam menyelesaikan masalah matematika dan siswa belajar dengan mengalami bukan menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah setelah diajar menggunakan model pembelajaran role playing. (2) ada perbedaan kemandirian belajar setelah diajar menggunakan model pembelajaran role playing (3) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar setelah diajar menggunakan model pembelajaran role playing. (4) model pembelajaran role playing lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas, yaitu kelas eksperimen, kelas kontrol dan kelas uji coba. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan uji proporsi, uji t satu pihak kanan, uji manova, dan uji τ^2-Hotelling. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah setelah diajar menggunakan model pembelajaran role playing. (2) ada perbedaan kemandirian belajar setelah diajar menggunakan model pembelajaran role playing (3) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar setelah diajar menggunakan model pembelajaran role playing. (4) model pembelajaran role playing lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:16
Last Modified: 12 Mar 2020 04:16
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item