EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA

Utami, Wikan Budi (2018) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 4 (1). pp. 35-46. ISSN print 2460-8904, online 2621-4202

[img] Text
EFEKTIFITAS_MODEL_PEMBELAJARAN_OPEN_ENDED_TERHADAP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peer review efektifits model open ended.pdf

Download (316kB)
[img] Text
908

Download (29kB)
Official URL: https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/arti...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1)Ada tidaknya perbedaan antara prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran open-ended dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning, (2)Prestasi belajar matematika siswa manakah yang paling efektif antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran open-ended dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa yang memiliki kreativitas rendah, (3)Prestasi belajar matematika siswa manakah yang paling efektif antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran open-ended dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi. Populasi penelitian sebanyak 303 siswa. Instrumen penelitian berupa angket kreativitas belajar matematika dan tes prestasi belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan uji t dua pihak, uji t satu pihak. Hasil penelitian:(1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran open-ended dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning, (2)prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran open-ended lebih efektif daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning ditinjau dari kreativitas rendah, (3)prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran open-ended lebih efektif atau sama dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning ditinjau dari kreativitas tinggi. Keywords : Efektifitas, model pembelajaran open-ended, pretasi belajar, kreativitas siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wikan Budi Utami
Date Deposited: 06 May 2020 07:20
Last Modified: 06 May 2020 07:20
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item