TINDAK TUTUR IMPERATIF DALAM CAPTION AKUN TELADAN RASUL DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Sanyya, Evana (2020) TINDAK TUTUR IMPERATIF DALAM CAPTION AKUN TELADAN RASUL DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI EVANA SANYYA, 1516500025, PBSI (1).pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sanyya, Evana. 2020. Tindak Tutur Imperatif dalam Caption Akun Teladan Rasul di Media Sosial Instagram dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Leli Triana, S.S., M.Pd. Pembimbing II Syamsul Anwar, M.Pd. Kata Kunci : tindak tutur imperatif, akun Teladan Rasul, pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tindak tutur imperatif dalam caption akun Teladan Rasul di media sosial instagram dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa tuturan dalam caption akun Teladan Rasul di media sosial instagram. Wujud data dalam penelitian ini adalah tuturan imperatif dalam caption akun Teladan Rasul di media sosial instagram. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik baca-catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan pragmatis dan teknik pilah unsur penentu dengan daya pilah pragmatis. Teknik penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tindak tutur imperatif yang berupa: (a) tindak tutur imperatif bermakna perintah berjumlah 18 data, (b) tindak tutur imperatif bermakna larangan berjumlah 13 data, (c) tindak tutur imperatif bermakna imbauan berjumlah 8 data, (d) tindak tutur imperatif bermakna harapan berjumlah 10 data, (e) tindak tutur imperatif bermakna ajakan berjumlah 2 data, (f) tindak tutur imperatif bermakna anjuran berjumlah 4 data. Penelitian tindak tutur imperatif ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA pada Kompetensi Dasar 3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur kelas XI semester 1. Saran yang dapat penulis sampaikan, diharapkan peserta didik dapat lebih memahami kalimat imperatif dalam penyampaiannya. Bagi guru bahasa Indonesia diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pertimbangan untuk bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti lagi, karena masih terdapat tindak tutur imperatif yang perlu dikaji dan dianalisis.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Evana Sanyya
Date Deposited: 18 Aug 2020 01:35
Last Modified: 18 Aug 2020 01:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item View Item