IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE O2PingID PADA TOPIK PENCEMARAN UNTUK MENINGKATKAN ENVIRONMENTAL SENSITIVITY

Nur Cahya Dewi Lara, Santang IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE O2PingID PADA TOPIK PENCEMARAN UNTUK MENINGKATKAN ENVIRONMENTAL SENSITIVITY. IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE O2PingID PADA TOPIK PENCEMARAN UNTUK MENINGKATKAN ENVIRONMENTAL SENSITIVITY.

[img] Text
sekripsi rara full 12 AGUSTUS 2020.pdf

Download (7MB)

Abstract

SANTANG, N., C., D., L. 2020. Implementasi Problem Based Learning Dengan Metode O2PingID Pada Topik Pencemaran untuk Meningkatkan Environmental Sensitivity. Skripsi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Yuni Arfiani, M.Pd., Pembimbing II Bayu Widiyanto M. Si Kata Kunci: Model PBL, Metode O2PingID, Environmental Sensitivity Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui efektivitas pembelajaran IPA dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan O2PingID untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada topik pencemaran, dan (2) mengetahui bagaimana pengaruh metode O2PingID dengan model Problem Based Learning pada topik pencemaran terhadap environmental sensitivity peserta didik Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menerapkan desain pretest-postest control group. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kota Tegal tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 7 kelas dari 195 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random samping. Diperoleh kelas VII B sebagai kontrol dan kelas VII D sebagai eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan instrumen non tes seperti kuesioner, RPP dan LKPD serta lembar validasi isi dan konstrak. Analisis data yang digunakan setelah menerapkan model Problem Based Learning berbantuan O2PingID adalah; (1) uji N-Gain untuk mengetahui efektivitas hasil belajar kognitif; (2) uji paired t test untuk mengetahui pengaruhnya terhadap environmental sensitivity; (3) perhitungan kuantitatif environmental sensitivity untuk mengukur peningkatan environmental sensitivity peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model Problem Based Learning berbantuan O2PingID pada kelas eksperimen cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai N-Gain persen pada kelas eksperimen sebesar 72,77% dan kelas kontrol sebesar 67,18%; (2) Terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan O2PingID terhadap environmental sensitivity peserta didik, dibuktikan pada hasil uji t dengan nilai sig (2-Tailed) sebesar 0,000

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Nur cahya Dewi Lara Santang
Date Deposited: 18 Aug 2020 01:34
Last Modified: 18 Aug 2020 01:34
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item View Item