PENGARUH STAKEHOLDER POWER, STRATEGIC POSTURE DAN ECONOMIC PERFORMANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Indeks Sri Kehati Periode 2015-2019)

Dwita Auralin, Shafira (2020) PENGARUH STAKEHOLDER POWER, STRATEGIC POSTURE DAN ECONOMIC PERFORMANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Indeks Sri Kehati Periode 2015-2019). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI SHAFIRA DWITA AURALIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Shafira Dwita Auralin, Pengaruh Stakeholder Power, Strategic Posture Dan Economic Performance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Indeks Sri Kehati Periode 2015-2019). Skripsi. Tegal. 2020. CSR dipahami sebagai suatu komitmen usaha untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk peningkatan ekonomi bersamaan dengan peningkatan kualitas hidup secara lebih luas. Pada teori kerangka konseptual stakeholder dijelaskan bahwa power stakeholder berhubungan dengan postur strategis atau strategic posture yang diadopsi oleh perusahaan. Mengingat tingkat kekuasaan stakeholder dan strategic posture, semakin baik kinerja ekonomi suatu perusahaan, semakin besar aktivitas CSR yang dilakukan dan pengungkapannya. Metode pengumpulan data yang digunakan merupakan metode dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi yaitu data-data ini diperoleh dan dapat diakses melalui situs www.idx.co.id, laporan penelitian ilmiah, ataupun jurnal-jurnal terdahulu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menguji empat asumsi klasik, yaitu: normalitas data, multikolireanitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menyatakan : 1) Terdapat pengaruh pada variabel stakeholder power terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dibuktikan dengan adanya hasil tingkat signifikan sebesar 0,026 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh pada variabel strategic posture terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dibuktikan dengan adanya hasil tingkat signifikan sebesar 0,021 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh pada variabel stakeholder power terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dibuktikan dengan adanya hasil tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan, model regresi yang digunakan dalam memprediksi seluruh variabel yaitu stakeholder power, strategic posture dan economic performance secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan yang tergabung dalam indeks Sri Kehati periode 2015-2019. Kata kunci : Pengungkapan CSR, stakeholder power, strategic posture, economic performance. --------------------------------------------------------- --------------------------------------------------------- Shafira Dwita Auralin, The Influence of Stakeholder Power, Strategic Posture and Economic Performance on Corporate Social Responsibility Disclosure (Empirical Study of Companies Included in the Sri Kehati Index 2015-2019). Skripsi. Tegal. 2020. CSR is understood as a business commitment to act ethically, operate legally and contribute to economic improvement along with improving the quality of life more broadly. In the stakeholder conceptual framework theory explained that stakeholder power is related to the strategic posture adopted by the company. Given the level of stakeholder power and strategic posture, the better the economic performance of a company, the greater the CSR activities carried out and their disclosure. The data collection method used is the documentation method. The data used in this study are secondary data. Data collection techniques use documentation studies in which these data are obtained and can be accessed through the website www.idx.co.id, scientific research reports, or previous journals. The data analysis technique used in this study tested four classic assumptions, namely: data normality, multicollinearity, autocorrelation, and heteroscedasticity. The results of this study states: 1) There is an influence on stakeholder power variables on the disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) as evidenced by the presence of a significant level of 0.026 <0.05. 2) There is an influence on the variable strategic posture on the disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) as evidenced by the results of a significant level of 0.021 <0.05. 3) There is an influence on stakeholder power variables on the disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) as evidenced by the results of a significant level of 0,000 <0.05. Based on these results it can be concluded, the regression model used in predicting all variables, namely stakeholder power, strategic posture and economic performance together (simultaneously) significantly influence the Corporate Social Responsibility (CSR) of companies incorporated in the Sri Kehati index period 2015-2019 Keywords : CSR disclosure, stakeholder power, strategic posture, economic performance.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Perusahaan
Depositing User: Shafira Dwita Auralin
Date Deposited: 18 Aug 2020 01:34
Last Modified: 18 Aug 2020 01:34
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1704

Actions (login required)

View Item View Item