Mengeksplorasi kesadaran merek terhadap minat beli ulang melalui sikap terhadap merek

Ahmad, Hanfan (2017) Mengeksplorasi kesadaran merek terhadap minat beli ulang melalui sikap terhadap merek. Performance, 24 (2). pp. 42-49. ISSN 2615-8094

[img] Text
Hanfan, Performace Unsoed, 2017.pdf

Download (960kB)
Official URL: http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/arti...

Abstract

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek terhadap sikap merek, kesan merek terhadap sikap merek, kepribadian merek terhadap sikap merek, dan sikap merek terhadap niat beli ulang. Masalah penelitian: Masalah dari penelitian ini bersumber dari adanya research gap pengaruh kesadaran merek terhadap niat beli ulang dan fenomena bisnis yang terjadi pada nilai merek mie instan merek Indomie yang mengalami fluktuasi. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa kesadaran merek mempengaruhi sikap merek, kesan merek mempengaruhi sikap merek, kepribadian merek mempengaruhi sikap merek, dan sikap merek mempengaruhi niat beli ulang. Implikasi: Berdasarkan analisis full model, didapatkan implikasi teoritis bahwa pada saat perusahaan meningkatkan niat beli ulang, perusahaan perlu untuk memperhatikan bagaimana cara untuk meningkatkan sikap merek. Sikap merek dipengaruhi oleh kesadaran merek, kesan merek, dan kepribasian merek. Sedangkan, implikasi manajerial pada penelitian ini adalah bahwa sikap merek mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap niat beli ulang. Dalam meningkatkan niat beli ulang, kesadaran merek mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan sikap merek sehingga meningkatkan niat beli ulang, diikuti oleh kesan merek dan kepribadian merek. Originalitas: Originalitas penelitian ini adalah bahwa hubungan antara kesadaran merek dan niat beli ulang masih menjadi perdebatan di antara peneliti. Sehingga, penelitian ini mencoba untuk menjelaskan hubungan antara kesadaran merek dan niat beli ulang dengan menambahkan variabel mediasi, yaitu sikap merek yang dipengaruhi oleh kesan merek dan kepribadian merek. Kata kunci: kesadaran merek, kesan merek, sikap merek, niat beli ulang.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: admin repository
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:34
Last Modified: 25 Apr 2019 04:34
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item View Item