ANALISIS SEMIOTIKA PADA NOVEL JANTERA BIANGLALA KARYA AHMAD TOHARI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA

Anis Diah, Sekar Wulandari (2019) ANALISIS SEMIOTIKA PADA NOVEL JANTERA BIANGLALA KARYA AHMAD TOHARI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi aniss.pdf

Download (767kB)

Abstract

Wulandari, Anis Diah Sekar. 2019 “ Analisis Semiotika Pada Novel Jantera Bianglala karya Ahmad Tohari dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA” Skripsi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal Pembimbing I : Dra, Sri Mulyati, M.Pd. Pembimbing II: Khusnul Khotimah, M.Pd. Kata kunci: Aspek semiotika, Novel, Implikasi pembelajaran bahasa Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Aspek Tanda yang terdapat pada novel Jantera Bianglala karya Ahmad Tohari dan Implikasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini juga dapat memberikan pengetahuan tentang tanda dalam sastra khususnya novel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan untuk memperoleh deskripsi tentang tanda-tanda yang terdapat dalam novel. Suber data yang digunakan pada penelitian ini adalah novel Jantera Bianglala karya Ahmad Tohari. Wujud data pada peneitian ini adalah berupa kutipan yang mengandung aspek tanda pada novel Jantera Bianglala. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak catat. teknik penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Identifikasi pada penelitian ini berupa semiotika. Berdasarkan wujud data dan sumber data, maka data yang berupa kutipan diidentifikasi berdasarkan aspek tanda yang terkandung dalam novel. Berdasarkan hasil analisis aspek tanda dan implikasi yang terdapat pada novel Jantera Bianglala karya Ahmad Tohari dapat diambil kesimpulan terdapat aspek tanda berupa 1) Indeks: terdiri dari penokohan dan latar cerita., 2) Simbol dan 3) Ikon. Dengan jumlah data:1.1 Indek sejumlah lima puluh data,2.1 simbol delapan belas data dan 3.1 ikon empat belas data. Penelitian ini dapat di implikasikan pada siswa kelas XII, dan dapat diterapkan pada materi unsur intrinsik dan ektrinsik pada novel. Penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik sebagai pengajaran bahasa Indonesia dan dapat memberikan ilmu pendidikan sastra serta bagi siswa dapat mengambil segi positif dari novel Jantera Bianglala.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:25
Last Modified: 08 Oct 2019 04:25
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item