ANALISIS KEBUTUHAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PANDEMI COVID-19

PURBAYANTI, HUTAMI SRI (2020) ANALISIS KEBUTUHAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
SKRIPSI HUTAMI SRI PURBAYANTI 1716500025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kebutuhan video pembelajaran matematika peserta didik pada materi jaring-jaring bangun ruang sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar/sederajat di Kabupaten Tegal semester genap tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 23 orang. Penentuan subjek penelitian dengan pertimbangan pengelompokan kategori yang diadopsi dari Riduwan (2015) dari 23 orang subjek dipilih lima orang untuk ditindak lanjuti dengan wawancara mendalam. Tiga orang dengan kategori butuh dan dua orang dengan kategori sedang. Adapun indikator yang digunakan yaitu: (1) alat indera sehat, (2) perhatian yang tertuju, (3) rangangan jelas dan (4) kecukupan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peserta didik membutuhkan video pembelajaran pada pandemi Covid-19. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara sebanyak lima peserta didik dapat melihat tampilan dan mendengar suara dari video pembelajaran tetapi ada tiga peserta didik yang mempunyai kendala saat melihat tampilan video pembelajaran terlalu lama. Sebanyak tiga peserta didik sudah dapat fokus saat materi diberikan melalui video pembelajaran tetapi ada dua peserta didik yang belum dapat fokus. Sebanyak tiga peserta didik mulai tertarik dengan pembelajaran matematika secara online saat menggunakan video pembelajaran tetapi ada dua peserta didik yang belum tertarik. Sebanyak lima peserta didik merasa kebingungan saat pelajaran matematika di masa pandemi menggunakan video pembelajaran. Sebanyak tiga peserta didik bersemangat mengikuti pelajaran matematika dengan menggunakan video pembelajaran tetapi ada dua peserta didik yang belum bersemangat. Sebanyak satu peserta didik dapat memotivasi untuk belajar sendiri saat menggunakan video pembelajaran tetapi empat peserta didik belum termotivasi untuk belajar sendiri. Sebanyak empat peserta didik merasa bahwa video pembelajaran sudah menggunakan gambar dan bahasa yang mudah diingat tetapi satu peserta didik belum merasa karena bahasanya sulit dipahami. Selama pandemi Covid-19, dua peserta didik sudah menggunakan video pembelajaran tetapi tiga peserta didik belum menggunakan video pembelajaran. Sebanyak lima peserta didik merasa dirugikan ketika mengikuti pelajaran matematika yang menggunakan video pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: HUTAMI SRI PURBAYANTI
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:08
Last Modified: 10 Jan 2023 06:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2123

Actions (login required)

View Item View Item