ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR

Ilfajriyah, Aulia (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Aulia Ilfajriyah 2020.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada materi turunan fungsi aljabar, dan (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada materi turunan fungsi aljabar berdasarkan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 31 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Kota Tegal tahun pelajaran 2019/ 2020. Pengambilan subjek menggunkan purposive sampling dari nilai tes kemampuan berpikir kreatif matematis sebanyak 6 subjek yaitu masing-masing 2 subjek dengan kemampuan berpikir kreatif matematis tinggi, 2 subjek dengan kemampuan berpikir kreatif matematis sedang dan 2 subjek dengan kemampuan berpikir kreatif matematis rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis tinggi mencapai tingkat kemampuan berpikir kreatif 4 (sangat kreatif), kemampuan berpikir kreatif matematis sedang mencapai tingkat kemampuan berpikir kreatif 3 (kreatif), kemampuan berpikir kreatif matematis rendah mencapai tingkat kemampuan berpikir kreatif 2 (cukup kreatif) dan (2) kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan tidak ada perbedaan yang signifikan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email ilfajriyahaulia@gmail.com
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:10
Last Modified: 25 Aug 2020 02:10
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item View Item