IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN FLASH BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG

Almas, Irfan Syarifudin (2020) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN FLASH BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI implementasi media pembelajaran flash berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik~1.pdf

Download (7MB)

Abstract

ALMAS, IRFAN SYARIFUDIN. Implementasi Media Pembelajaran Flash Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang.Skripsi.Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : M. Aji Fatkhurrohman, M.Pd Pembimbing II : Mobinta Kusuma, M.Pd Kata Kunci : Berpikir Kritis, Media Flash Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) memberikan tantangan tersendiri bagi lulusan ilmu pendidikan untuk menciptakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik. Salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan adalah adobe flash. Media pembelajaran flash adalah media yang variatif yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran. Diharapkan dapat meningkatan minat belajar peserta didik dalam materi getaran dan gelombang dan dapat membentuk sikap positif peserta didik terhadap pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah diterapkan media pembelajaran flash berbasis android, tingkat efektivitas dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran flash berbasis android. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun cara pengambilan data yaitu menggunakan teknik observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan uji mann whitney dan uji N-Gain. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes kemampuan awal pada kelas eksperimen sebesar 72,76 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 70,63 termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan, rata-rata nilai tes kemampuan akhir (posttest) yang telah pada kelas eksperimen sebesar 89,4 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 85,29 termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai N-Gain pada kelas kontrol sebesar 41,18% yang termasuk dalam kategori kurang efektif dan pada kelas eksperimen sebesar 58,26% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran flash berbasis android termasuk dalam kategori tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flash berbasis android cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:56
Last Modified: 25 Aug 2020 03:56
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item View Item