KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI PELUANG KEJADIAN

Rosidah, Desy Ismatur (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI PELUANG KEJADIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
SKRIPSI DESY ISMATUR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) apakah kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan alat peraga melampaui KKM sebesar 60%. (2) apakah perbedaan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan alat peraga dengan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division tanpa berbantuan alat peraga. (3) apakah model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan alat peraga lebih baik dari model pembelajaran Student Team Achievement Division tanpa berbantuan alat peraga. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester genap SMK PGRI 2 Taman Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 463 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI AKL 1 dan XI OTKP 4 sebagai kelas eksperimen I, kelas XI OTKP 1 dan XI OTKP 3 sebagai kelas eksperimen II, dan kelas XI OTKP 2 sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t dua pihak kanan, dan uji t pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menyatakan bahwa : (1) kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan alat peraga dapat melampaui KKM 70 sebesar 60%. (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan alat peraga dengan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division tanpa berbantuan alat peraga. (3) model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan alat peraga lebih baik dari model pembelajaran Student Team Achievement Division tanpa berbantuan alat peraga.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Desy Ismatur Rosidah
Date Deposited: 25 Aug 2020 05:56
Last Modified: 25 Aug 2020 05:56
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2195

Actions (login required)

View Item View Item