MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION DENGAN SOAL TIPE HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Talang Tahun Pelajaran 2018/2019 Materi Pokok Statistika)

Ma'rufah, Dina Fatul (2019) MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION DENGAN SOAL TIPE HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3 Talang Tahun Pelajaran 2018/2019 Materi Pokok Statistika). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI DINA FATUL M.pdf

Download (6MB)

Abstract

MA’RUFAH, DINA FATUL. 2019. “Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction dengan Soal Tipe HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika” (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II Materi Pokok Statistika SMP Negeri 3 Talang tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Suwandono, M.pd. Pembimbing II : Isnani, M.Si., M.pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Team Accelerated Instruction, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Keaktifan, Kemampuan Berpikir. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Talang dengan tujuan penelitian adalah : (1) Model pembelajaran Team Accelerated Instruction dengan soal tipe HOTS kemampuan berpikir peserta didik dapat mencapai KKM sebesar 50% dan rata-rata diatas KKM. (2) Model pembelajaran Team Accelerated Instruction dengan soal tipe HOTS keaktifan peserta didik dapat mencapai 75%. (3) Ada pengaruh positif antara keaktifan terhadap kemampuan berpikir. (4) Kemampuan berpikir yang diajar menggunakan model pembelajaran Team Accelerated Instruction dengan soal tipe HOTS lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan soal tipe HOTS. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Talang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas yaitu kelas eksperimen, kelas kontrol, dan kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan dengan menetapkan taraf 5% dengan teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi satu pihak kanan dan uji t satu sampel, uji representasi, uji regresi linear sederhana, dan uji t pihak kanan dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Model pembelajaran Team Accelerated Instruction dengan soal tipe HOTS kemampuan berpikir peserta didik dapat mencapai KKM sebesar 50% dan rata-rata diatas KKM. (2) Model pembelajaran Team Accelerated Instruction dengan soal tipe HOTS keaktifan peserta didik dapat mencapai 75%. (3) Ada pengaruh positif antara keaktifan terhadap kemampuan berpikir. (4) Kemampuan berpikir yang diajar menggunakan model pembelajaran Team Accelerated Instruction dengan soal tipe HOTS lebih baik daripada yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan soal tipe HOTS.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:25
Last Modified: 08 Oct 2019 04:25
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item