PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP GANGGUAN JARINGAN INTERNET BIZNET DI KABUPATEN PEMALANG

Soelistiawan Adhie Yoga, Yoga (2020) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP GANGGUAN JARINGAN INTERNET BIZNET DI KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi adi yoga.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Soelistiawan Adhie Yoga 5116500184. “Perlindungan Konsumen Terhadap Gangguan Jaringan Internet Biznet Di Kabupaten Pemalang”. Latar belakang yang dimiliki oleh penulis dalam penelitiannya ini ialah dimana semakin berkembangnya teknologi informasi dalam layanan penggunaan BIZNET yang semestinya memperoleh hak untuk menerima harga pembayaran jasa internet dari konsumen dan sebagai pengguna jasa internet, konsumen juga seharusnya mendapatkan haknya. Kenyataannya, masih banyak pihak konsumen yang tidak terpenuhi haknya, salah satunya apabila terjadinya gangguan jaringan internet. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas konsumen yang menggunakan BIZNET, sehingga dapat menghambat aktivitasnya yang selama ini bergantung pada jaringan internet. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengkaji perlindungan hukum terhadap konsumen Internet Biznet Apabila terjadi gangguan jaringan dihubungkan dengan Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. (2) Untuk mengkaji tanggung jawab pelaku usaha apabila terjadi gangguan jaringan pada layanan BIZNET. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, dengan mneggunakan pendekatan yuridis normatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara serta studi keperpustakaan dan analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa Bentuk tanggung jawab dari perusahaan Biznet terhadap kerugian konsumen muncul karena tidak terjalankan kewajiban dari pelaku usaha yaitu memelihara jaringan akses agar berfungsi dengan baik, akibat dari tidak berfungsinya jaringan akses dengan baik pelanggan mengalami kerugian, terlebih lagi pelanggan yang mempunyai suatu usaha. Kesalahan yang menimbulkan kerugian dapat dilakukan oleh kedua belah pihak, baik konsumen sebagai pelanggan maupun oleh Biznet sebagai pelaku usaha. Namun, dalam pembahasan ini akan difokuskan pada kesalahan yang diakibatkan oleh Biznet. Kata Kunci: Hukum Perjanjian, UU ITE, dan Perlindungan konsumen.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Ak Jenal Arifin
Date Deposited: 25 Aug 2020 06:07
Last Modified: 25 Aug 2020 06:07
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item View Item