UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI PELATIHAN ASERTIF DALAM BIMBINGAN KELOMPOK (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas XI TKJ 1 SMK Islam Nusantara Comal Tahun Pelajaran 2015/2016)

Muhamad, Umar (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI PELATIHAN ASERTIF DALAM BIMBINGAN KELOMPOK (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas XI TKJ 1 SMK Islam Nusantara Comal Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI UMAR.pdf

Download (1MB)

Abstract

UMAR, M. 2019. Judul Skripsi “Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Pelatihan Asertif Dalam Bimbingan Kelompok (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas XI TKJ 1 SMK Islam Nusantara Comal Tahun Pelajaran 2015/2016)”, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Sukoco KW, M.Pd, Pembimbing II Dr. Suriswo, M.Pd Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Pelatihan Asertif, Bimbingan Kelompok Kepercayaan diri merupakan aspek kepribadian yang penting dalam kehidupan manusia khususnya remaja. Dengan kepercayaan diri, remaja akan mudah untuk menyesuaikan diri dan bersosialisasi dengan dengan individu lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bentuk pelatihan asertif dalam bimbingan kelompok, 2) Tingkat kepercayaan diri pada peserta didik, 3) Pelatihan asertif dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik kelas XI TKJ 1 SMK Islam Nusantara Comal Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian adalah sejumlah 28 peserta didik kelas XI TKJ 1 SMK Islam Nusantara Comal Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus rata-rata. Bentuk pelatihan asertif dalam layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas XI TKJ 1 SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan melalui diskusi kelompok, ceramah, role playing, studi kasus dan pengisian lembar kerja peserta didik. Tingkat kepercayaan diri peserta didik mengalami peningkatan yang cukup baik yaitu sebagian besar dalam kategori tinggi sebanyak 17 peserta didik atau 45%. Peningkatan kepercayaan diri melalui bimbingan kelompok mengalami peningkatan yang cukup baik dilihat dari perbedaan rata-rata antara pra siklus sebesar 8,58 dan siklus I yaitu 10.79, selisih rata-ratanya adalah 2,21. Sedangkan jumlahnya juga lebih besar siklus pertama daripada pra siklus yaitu pada pra siklus sebanyak 326 dan siklus I sebanyak 410 dengan selisih 84. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada peningkatan kepercayaan diri pada siklus I. Dan perbedaan rata-rata antara siklus I sebesar 10.79 dan siklus II yaitu 13,79, selisih rata-ratanya adalah 3,0. Sedangkan jumlahnya juga lebih besar siklus pertama daripada siklus I yaitu pada pra siklus sebanyak 410 dan siklus I sebanyak 524 dengan selisih 114. Dengan demikian dapat Ha diterima yaitu pelatihan asertif dalam bimbingan kelompok dapat sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik kelas XI TKJ 1 SMK Islam Nusantara Comal Tahun Pelajaran 2015/2016. Pelatihan asertif tersebut belum begitu bervariasi, sehingga guru BK diharapkan lebih mendalami dan lebih memberi inovasi pada pelatihan asertif tersebut agar lebih menarik dalam pelaksanaannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:26
Last Modified: 08 Oct 2019 04:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item