KEDWIBAHASAAN PADA NOVEL LOVE SPARKS IN KOREA KARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Shintya Anggun K.P, SAKP (2020) KEDWIBAHASAAN PADA NOVEL LOVE SPARKS IN KOREA KARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI SHINTYA ANGGUN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kedwibahasaan pada novel Love Sparks In Korea karya Asma Nadia dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan kajian sosiolinguistik dengan pendekatan sosiologis. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari novel Love Sparks In Korea karya Asma Nadia yang diterbitkan pada tahun 2015. Wujud data dalam penelitian ini berupa penggalan tuturan dalam novel Love Sparks In Korea karya Asma Nadia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak, dengan teknik dasar baca dan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi dengan penyajian hasil analisis datanya menggunakan metode informal. Berdasarkan hasil penelitian kedwibahasaan yang terdapat pada novel Love Sparks In Korea karya Asma Nadia terdiri dari (1) kedwibahasaan majemuk berjumlah 5 data: 11,4%, (2) kedwibahasaan koordinatif berjumlah 9 data: 20,4%, (3) kedwibahasaan subordinatif berjumlah 30 data: 68,2%. Kedwibahasaan yang paling dominan digunakan pada novel Love Sparks In Korea karya Asma Nadia adalah kedwibahasaan subordinatif dengan jumlah 30 data: 68,2%. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII pada KD 3.4 menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah. Hasil penelitian ini sangat bermanfaat pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA yaitu untuk meningkatkan pemahaman dalam berbahasa dan apresiasi karya sastra bagi guru maupun peserta didik. Dengan demikian, diharapkan novel Love Sparks In Korea karya Asma Nadia dapat dijadikan sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran bahasa di SMA. Lewat pembelajaran tersebut diharapkan peserta didik dapat memahami macam-macam bahasa yang digunakan sehari-hari, serta memberikan dampak positif pada kehidupan mendatang.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Shintya Anggun Kencana Putri
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:30
Last Modified: 27 Aug 2020 04:30
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2215

Actions (login required)

View Item View Item