KETIDAKSESUAIAN TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEMATIK TERPADU KELAS ATAS KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA

Novi, Royani (2019) KETIDAKSESUAIAN TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEMATIK TERPADU KELAS ATAS KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI NOVI ROYANI 1515500060-dikonversi.pdf

Download (3MB)

Abstract

ROYANI, NOVI. 2019. Ketidaksesuaian Tingkat Keterbacaan Buku Tematik Terpadu Kelas Atas Kurikulum 2013 Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I :Lely Triana, S.S.,M.Pd. Pembimbing II : Vita Ika Sari, M.Pd. Kata Kunci : Membaca, Wacana, dan Tingkat Keterbacaan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tingkat keterbacaan buku Tema 2 kelas VI SD, buku Tema 2 kelas V SD, dan buku Tema 2 kelas VI SD dengan menggunakan metode grafik fry. 2) Mendeskripsikan kesesuaian wacana buku Tema 2 kelas VI SD, buku Tema 2 kelas V SD, dan buku Tema 2 kelas VI SD dengan tingkat pendidikan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik penyediaan data yang digunakan adalah metode simak dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data struktural wacana dengan menggunakan teori fry. Analisis dengan menggunakan salah satu formula keterbacaan , yakni Grafik Fry untuk mengetahui tingkat keterbacaan pada buku Tema tersebut apakah sudah sesuai dengan tingkat pendidikan pembaca atau belum. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan menghitung tingkat keterbacaan dengan menggunakan formula keterbacaan Grafik Fry. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Tingkat keterbacaan pada wacana buku Tema 2 kelas IV SD, buku Tema 2 kelas V SD, dan buku Tema 2 kelas VI SD dengan menggunakan metode grafik fry ditemukan adanya ketidaksesuaian. 2) Analisis wacana pada Buku Tema 2 Kelas IV SD hanya terdapat 2 wacana yang sesuai, dari 6 wacana yang ada. Buku Tema 2 Kelas V SD hanya terdapat 7 wacana yang sesuai, dari 18 wacana yang ada. Buku Tema 2 Kelas VI SD hanya terdapat 6 wacana yang sesuai, dari 18 wacana yang ada. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru yaitu salah satunya membuat para guru lebih selektif lagi dalam memberikan bacaan pada siswa yang sesuai dengan tingkat pendidikan siswa, sehingga guru bisa lebih mudah dalam menyampaikan bacaan yang sesuai dengan tingkat pendidikan siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menarik minat siswa mengenai membaca dan memahami wacana. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pembaca maupun penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan keterbacaan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:26
Last Modified: 08 Oct 2019 04:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item