BENTUK DISFEMISME DALAM BERITA UTAMA SURAT KABAR RADAR TEGAL EDISI JANUARI 2019 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Danang Saputra, Tomi Sugiarta (2019) BENTUK DISFEMISME DALAM BERITA UTAMA SURAT KABAR RADAR TEGAL EDISI JANUARI 2019 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

SAPUTRA, TOMI SUGIARTA DANANG. 2019. “Bentuk Disfemisme dalam Berita Utama Surat Kabar Radar Tegal edisi Januari 2019 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Unversitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Leli Triana, S.S., M.Pd. Pembimbing II : Vita Ika Sari, M.Pd. Kata Kunci : Berita Utama Surat Kabar, Bentuk Disfemisme, Gaya Bahasa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk disfemisme dalam berita utama surat kabar Radar Tegal edisi Januari 2019. Mendeskripkan implikasi hasil penelitian bentuk disfemisme terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi. Sumber data penelitian ini adalah wacana pada berita utama surat kabar Radar Tegal. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, dan klausa yang mengandung disfemisme dalam wacana berita utama surat kabar Radar Tegal. Teknik penyediaan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak, baca, dan catat. Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode informal yaitu yang menyajikan data dengan kata-kata untuk memperjelas kajian tanpa angka. Hasil penelitian ini data yang ditemukan dalam bentuk kata, frasa, dan klausa. 1) Disfemisme berbentuk kata ditemukan sebanyak 47 data. 2) Disfemisme berbentuk frasa ditemukan sebanyak empat data. 3) Disfemisme berbentuk klausa terdapat empat data. Jumlah keseluruhan data yaitu 55 data. Berdasarkan dengan nilai rasa yang terkandung didalamnya adalah 1) menyeramkan delapan data, 2) mengerikan delapan data, 3) menakutkan 18 data, dan 4) menguatkan 21 data. Implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan bentuk disfemisme yaitu pada kompetensi dasar 3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca dan 4.10 Menyusun opini dalam bentuk artikel. Jenjang SMA kelas XII semester dua. Penelitian ini diharapkan dapat membantu guru, siswa, maupun pembaca dalam mengembangkan materi pembelajaran atau menambah wawasan mengenai pengasaran makna. Setelah membaca penelitian ini, pembaca menjadi mengerti makna disfemisme atau pengasaran makna. Jadi, pembaca bisa lebih berhati-hati dan mampu menempatkan atau menggunakan bahasa dengan tepat dalam berkomunikasi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:26
Last Modified: 08 Oct 2019 04:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item