KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS

Putri, Risma Silviana (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI RISMA SILVIANA PUTRI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan: (1) Apakah kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang diajar melalui google classroom dapat mencapai KKM melampaui 60%. (2) Apakah perbedaan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang diajar melalui google classroom dan whatsapp. (3) Apakah kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang diajar melalui google classroom lebih baik daripada peserta didik yang diajar melalui whatsapp. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling diperoleh satu kelas eksperimen, satu kelas kontrol, dan satu kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian ini menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu sampel pihak kanan, uji t dua pihak, dan uji t satu pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang diajar melalui google classroom dapat mencapai KKM melampaui 60%, (2) ada perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara peserta didik yang diajar melalui google classroom dan whatsapp, dan (3) kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang diajar melalui google classroom lebih baik daripada peserta didik yang diajar melalui whatsapp.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Risma Silviana Putri
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:46
Last Modified: 27 Aug 2020 04:46
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item