META ANALISIS KEEFEKTIFAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Meta Analisis Skripsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2016 sampai 2019)

Amin, Muhammad Khusni (2020) META ANALISIS KEEFEKTIFAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Meta Analisis Skripsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2016 sampai 2019). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Muhammad Khusni Amin - 1716500037 - FKIP - UPS Tegal.docx

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi Muhammad Khusni Amin - 1716500037 - FKIP - UPS Tegal.pdf

Download (6MB)

Abstract

Amin, Muhammad Khusni. 2020. Meta Analisis Keefektifan Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Meta Analisis Skripsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2016 sampai 2019). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Hj. Isnani, M.Si., M.Pd. Pembimbing II : Drs. Paridjo, M.Pd. Kata Kunci: Meta Analisis, Cooperative Learning, Prestasi Belajar Matematika Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) Besar pengaruh cooperative learning terhadap prestasi belajar matematika peserta didik secara keseluruhan, (2) Besar pengaruh cooperative learning terhadap prestasi belajar matematika peserta didik berdasarkan tipe yang digunakan, (3) Besar pengaruh cooperative learning terhadap prestasi belajar matematika peserta didik berdasarkan jenjang pendidikan, (4) Besar pengaruh cooperative learning terhadap prestasi belajar matematika peserta didik berdasarkan media pembelajaran dan LKPD yang digunakan, (5) Besar pengaruh cooperative learning terhadap prestasi belajar matematika peserta didik berdasarkan materi yang diajarkan. Populasi dalam penelitian ini adalah skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal rentang tahun 2016 sampai tahun 2019. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan didapatkan 44 skripsi yang sesuai kriteria. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis besaran pengaruh Cohen’s d effect size. Hasil penelitian: (1) Secara keseluruhan cooperative learning mampu meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik dengan nilai effect size sebesar 0,73 pada kategori efek sedang, (2) Dari delapan belas tipe cooperative learning yang digunakan dalam penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal yang paling besar pengaruhnya adalah tipe Talking Stick dengan nilai effect size sebesar 1,06 pada kategori efek besar, (3) Besar pengaruh penerapan cooperative learning berdasarkan jenjang pendidikan mampu meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik di tingkat SMP/MTs lebih tinggi dari tingkat SMA/SMK/MA dengan nilai effect size sebesar 0,76 pada kategori efek sedang, (4) Berdasarkan media pembelajaran dan LKPD yang digunakan dalam cooperative learning, aplikasi komputer atau website menunjukkan hasil yang positif dengan nilai effect size sebesar 0,79 pada kategori efek sedang, (5) Besar pengaruh penerapan pembelajaran cooperative learning berdasarkan materi pelajaran menunjukkan hasil yang positif pada materi lingkaran dengan nilai effect size sebesar 1,07 pada kategori efek besar.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Khusni Amin
Date Deposited: 26 Aug 2020 01:54
Last Modified: 26 Aug 2020 01:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2266

Actions (login required)

View Item View Item