MINAT BERWIRAUSAHA: DITINJAU DARI FASILITAS BELAJAR BUSINESS CENTER DAN BIMBINGAN GURU (Studi Pada Kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Taman)

Nur Fahma, Regina (2020) MINAT BERWIRAUSAHA: DITINJAU DARI FASILITAS BELAJAR BUSINESS CENTER DAN BIMBINGAN GURU (Studi Pada Kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Taman). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Regina Nur Fahma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK FAHMA NUR, REGINA. 2020.“Minat Berwirausaha Siswa : Ditinjau dari Fasilitas Belajar Business Center dan Bimbingan Guru (Studi pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Taman”. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Uiversitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Yayat Hidayat Amr M.Pd Pembimbing II : A. Rony Yulianto, M.Pd Kata Kunci : fasilitas belajar busines center, bimbingan guru, minat berwirausaha Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) pengaruh fasilitas belajar business center terhadap minat berwirausaha, (2) pengaruh bimbingan guru terhadap minat berwirausaha, (3) pengaruh fasilitas belajar business center dan bimbingan guru terhadap minat berwirausha pada siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 2 Taman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dituntut menggunakan angka sebagai sumber pengolahan sampai penyajian hasilnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 2 Taman dan sampel diambil dengan teknik sampel Issac dan Michael. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil perhitungan pada penelitian ini menunjukkan (1) fasilitas belajar business center berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha studi pada siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Taman, (2) bimbingan guru berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha studi pada siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Taman, (3) fasilitas belajar business center dan bimbingan guru berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha studi pada siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Taman. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan praktik kewirausahaan di busines center agar mendapatkan manfaat berupa pengetahuan, keterampilan dan kompetensi wirausaha yang baik dan guru juga harus berperan lebih aktif membimbing siswa dalam pembelajaran praktik kewir usahaan supaya siswa termotivasi untuk berwirausaha. ABSTRACT FAHMA NUR, REGINA. 2020. "Student Entrepreneurial Interest: Judging from the Business Center Learning Facilities and Teacher Guidance (Studies in Class X Accounting Students in SMK PGRI 2 Taman". Thesis. Economic Education. Faculty of Teacher Training and Education. Pancasakti University Tegal. Advisor I: Dr. Yayat Hidayat Amr M.Pd Advisor II: A. Rony Yulianto, M.Pd Keywords: busines center learning facilities, teacher guidance, entrepreneurial interest. This study aims to determine the presence of (1) the effect of business center learning facilities on entrepreneurial interest,(2) the effect of teacher guidance on entrepreneurial interest, (3) the effect of business center learning facilities and teacher guidance on entrepreneurial interest in class X accounting students at SMK PGRI 2 Taman. This study uses a quantitative approach that is required to use numbers as a source of processing until the presentation of the results. The population in this study were accounting grade X students of SMK PGRI 2 Taman and the sample was taken using the Issac and Michael sample technique. The data collection method uses a questionnaire method. Data analysis techniques using descriptive analysis, simple linear regression and multiple linear regression. The results of calculations in this study indicate (1) business center learning facilities significantly influence the interest in entrepreneurship studies in class X Accounting SMK PGRI 2 Taman, (2) teacher guidance has a significant effect on interest in entrepreneurship studies in class X Accounting SMK PGRI 2 Taman, (3) business center learning facilities and teacher guidance significantly influence the interest in entrepreneurship studies in class X Accounting SMK PGRI 2 Taman. Based on the results of this study it is recommended that students take an active role in entrepreneurial practice activities at the busines center so that they benefit from the knowledge, skills and competencies of good entrepreneurs and teachers must also play a more active role in guiding students in entrepreneurial practice learning so that students are motivated to become entrepreneurs.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Regina Nur Fahma Regina
Date Deposited: 26 Aug 2020 01:55
Last Modified: 10 Jan 2023 06:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2293

Actions (login required)

View Item View Item