MINAT BERWIRAUSAHA: DITINJAU DARI FASILITAS BELAJAR BUSINESS CENTER DAN BIMBINGAN GURU (Studi Pada Kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Taman)

Nur Fahma, Regina (2020) MINAT BERWIRAUSAHA: DITINJAU DARI FASILITAS BELAJAR BUSINESS CENTER DAN BIMBINGAN GURU (Studi Pada Kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Taman). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Regina Nur Fahma.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK FAHMA NUR, REGINA. 2020.“Minat Berwirausaha Siswa : Ditinjau dari Fasilitas Belajar Business Center dan Bimbingan Guru (Studi pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Taman”. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Uiversitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Yayat Hidayat Amr M.Pd Pembimbing II : A. Rony Yulianto, M.Pd Kata Kunci : fasilitas belajar busines center, bimbingan guru, minat berwirausaha Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) pengaruh fasilitas belajar business center terhadap minat berwirausaha, (2) pengaruh bimbingan guru terhadap minat berwirausaha, (3) pengaruh fasilitas belajar business center dan bimbingan guru terhadap minat berwirausha pada siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 2 Taman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dituntut menggunakan angka sebagai sumber pengolahan sampai penyajian hasilnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 2 Taman dan sampel diambil dengan teknik sampel Issac dan Michael. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil perhitungan pada penelitian ini menunjukkan (1) fasilitas belajar business center berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha studi pada siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Taman, (2) bimbingan guru berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha studi pada siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Taman, (3) fasilitas belajar business center dan bimbingan guru berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha studi pada siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 2 Taman. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan praktik kewirausahaan di busines center agar mendapatkan manfaat berupa pengetahuan, keterampilan dan kompetensi wirausaha yang baik dan guru juga harus berperan lebih aktif membimbing siswa dalam pembelajaran praktik kewir usahaan supaya siswa termotivasi untuk berwirausaha.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Regina Nur Fahma Regina
Date Deposited: 26 Aug 2020 01:55
Last Modified: 26 Aug 2020 01:55
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2297

Actions (login required)

View Item View Item