Skripsi 2020

Umairoh, Fitriyani (2020) Skripsi 2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB I-5 dan Lampiran.doc

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK UMAIROH FITRIYANI. 2020. “Keefektifan Pembelajaran Online Berbantuan WhatsApp dengan Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Drs. Paridjo, M.Pd., Ibnu Sina S.T., M.Pd., M.Kom., Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci: Keefektifan, Pembelajaran Online, WhatsApp, Tugas Terstruktur, Prestasi Belajar Matematika. Tujuan penelitian ini untuk Untuk mendeskripsikan pengunaan pembelajaran online berbantuan Whatsapp dengan pemberian tugas terstuktur dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), untuk mendeskripsikan pembelajaran online berbantuan Whatsapp dengan pemberian tugas terstuktur lebih baik dari pembelajaran ekspositori, untuk mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran online berbantuan Whatsapp dengan pemberian tugas terstruktur dengan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran online dengan pemberian tugas terstruktur, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Brebes. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 18 soal yang telah diuji validitas. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji proporsi, uji t saru pihak kanan dan uji t dua pihak, yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa, Zhitung = 1,863 dan Ztabel = 1,645, sehingga Z_hitung>Z_tabel maka Ho ditolak artinya pembelajaran online berbantuan WhatsApp dengan pemberian tugas terstruktur yang dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal melampaui 60%. Pada hipotesis kedua menunjukkan bahwa, t_hitung = 3,988 dan t_tabel = 2,045, sehingga t_hitung>t_tabel maka Ho ditolak artinya Pembelajaran online berbantuan WhatsApp dengan pemberian tugas terstruktur lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Dan pada hipotesis ketiga menunjukkan bahwa t_(hitung )= 1,793 dan t_tabel = 0,032, sehingga t_hitung>t_tabel maka Ho ditolak artinya ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran online berbantuan WhatsApp dengan pemberian tugas terstruktur dengan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran ekspositori.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: umairoh f. umairoh fitriyani
Date Deposited: 26 Aug 2020 01:55
Last Modified: 26 Aug 2020 01:55
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2300

Actions (login required)

View Item View Item