keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Brain Gym untuk menurunkan Burnout belajar pada anak sekolah tingkat SMP-SMA di dusun sikunang desa petanjungan kecamatan petarukan kabupaten Pemalang

swari, dwi ratna (2020) keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Brain Gym untuk menurunkan Burnout belajar pada anak sekolah tingkat SMP-SMA di dusun sikunang desa petanjungan kecamatan petarukan kabupaten Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI DWI RATNA_BK_1116500017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok Teknik Brain Gym pada anak sekolah. Metode penelitin ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen terhadap anak sekolah tingkat SMP-SMA yang ada di Dusun Sikunang Desa Petanjungan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik Brain gym dapat menurunkan Burnout belajar pada anak sekolah di Dusun Sikunang Desa Petanjungan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang dengan hasil uji T pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai signifikan 0,036 < 0,5 itu artinya Ha diterima dan Ho ditolak bahwa dalam pemberian pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik brain gym dapat menurunkan burnout belajar pada anak sekolah tingkat SMP-SMA di Dusun Sikunang Desa Petanjungan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Artinya layanan bimbingan kelompok dengan teknik brain gym efektif untuk menurunkan burnout belajar. Sebelum dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik brain gym, aspek burnout yang dialami anak-anak pada aspek kelelahan mental yaitu sebanyak 83%, kemudian pada aspek kelelahan fisik sebanyak 67 % dan pada aspek kelelahan kognitif sebanyak 29 %. Setelah dilaksanakannya layanan bimbingan keompok dengan teknik brain gym pada aspek kelelahan mental dengan presentase 77 %, kemudian selanjutnya ada pada aspek kelelahan fisik dengan presentase 67 %, dan yang selanjutnya pada aspek kelelahan kognitif dengan nilai presentase 27 %. Saran dalam penelitian ini adalah bagi peneliti agar menambah wawasan dan ilmu tentang ke BK an dan bagi anak-anak sekolah dapat mengurasi rasa malas belajar dan lebih semangat lagi belajarnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: dwi ratna swari
Date Deposited: 26 Aug 2020 01:55
Last Modified: 26 Aug 2020 01:55
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item View Item