ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Eka, Yuliyanti (2020) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi (Eka Yuliyanti).docx
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Eka Yuliyanti. 2020. Analisis Kesalahan Pesrta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika.Skripsi.Pendidikan MAtematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan apa saja kesalahan yang dilakukan peserta didik munururt Prosedur Newman dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi persamaan linear. (2) Untuk mengetahui apakah penyebab terjadinya kesalahan peserta didik munurut Prosedur Newman dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi persamaan linear. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Multimedia 1 dan X Multimedia 2 SMK Muhamadiyah Kramat. Subjek penelitian dari masing-masing kelas diambil 6 peserta didik secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam menyelesaikan soal cerita matematika peserta didik mengalami beberapa kesalahan menurut Prosedur Newman. Kesalahan-kesalahan tersebut yaitu: Kesalahan Membaca Soal, Kesalahan Memahami Masalah, Kesalahan Transformasi Masalah, Kesalahan Keterampilan Proses dan Kesalahan Penulisan Jawaban Akhir. Penyebab peserta didik masih banyak yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita karena peserta didik jarang diberikan latihan berupa soal cerita sehingga pemahaman peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita masih kurang.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eka Yuliyanti
Date Deposited: 26 Aug 2020 01:55
Last Modified: 10 Jan 2023 03:12
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2306

Actions (login required)

View Item View Item