Jargon Pengemudi Gojek Brebes Tegal Slawi dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.

Mohamad Dimas Triwicaksono, Dimas and Leli Triana, Leli and Vita Ika Sari, Vita (2020) Jargon Pengemudi Gojek Brebes Tegal Slawi dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Triwicaksono, Dimas, M. 2020. NPM 1516500043. Jargon Pengemudi Gojek Brebes Tegal Slawi dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Tegal: Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Leli Triana, S.S., M.Pd Pembimbing II Vita Ika Sari, M.Pd Kata Kunci : Jargon Pengemudi, Gojek, dan Implikasi pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jargon pengemudi gojek, mendeskripsikan faktor-faktor penyebab digunakannya jargon oleh pengemudi Gojek Brebes, Tegal, Slawi dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian dalam pembelajaran bahasa di SMA. Penelitian ini menggunakkan metode kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah tuturan pengemudi Gojek Brebes, Tegal, Slawi. Wujud data dalam penelitian ini berupa tuturan yang merupakan jargon dari pengemudi Gojek Brebes, Tegal, Slawi. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini metode simak dan teknik simak bebas libat catat (SBLC). Selanjutnya tahap analisis data pada penelitian ini adalah metode metode padan pragmatis dan distribusional atau agih. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan metode informal yaitu menjelaskan jargon dalam bentuk deskripsi dengan kata-kata biasa tanpa lambang bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk jargon yang digunakan pengemudi Gojek Brebes, Tegal, Slawi berupa empat kata dasar, empat kata berimbuhan, satu kata ulang, satu kata majemuk, dan tujuh singkatan. Faktor penyebab digunakannya jargon oleh pengemudi, dikarenakan pokok pembicaraan dan latar belakang sosial penutur. Hasil penelitian jargon pengemudi Gojek Brebes, Tegal, Slawi dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu pada kompetensi dasar 3.5 mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat, dengan materi menilai isi dan aspek makna tersirat dalam teks anekdot kelas X semester 1. Ada pun saran yang digunakan peserta didik hendaknya selalu dibiasakan mencari wawasan yang luas agar menambah pengetahuan. Guru hendaknya dalam proses pembelajaran dapat menyampaikan materi pembelajaran agar dapat dipahami oleh peserta didik dan makna jargon dapat dijadikan bahan belajar khususnya oleh peserta didik. Semoga penelitian ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai sumber reverensi yang relevan untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mohamad Dimas Triwicaksono Dimas
Date Deposited: 26 Aug 2020 01:55
Last Modified: 26 Aug 2020 01:55
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2308

Actions (login required)

View Item View Item