PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA BROKEN HOME(Studi pada Remaja Tingkat SMP di Dusun Karangduwet Desa Karangtalok Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang)

Rinaldi, Ananta Rifqi Leo (2020) PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA BROKEN HOME(Studi pada Remaja Tingkat SMP di Dusun Karangduwet Desa Karangtalok Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI ANANTA RIFQI LEO RINALDI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK RINALDI, ANANTA RIFQI LEO. 2020. “Penggunaan Layanan Konseling Individu Teknik Reinforcement Positif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Remaja Broken home (Studi pada Remaja Tingkat SMP di Dusun Karangduwet Desa Karangtalok Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang)”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 : Mulyani, M.Pd Pembimbing 2 : Hastin Budisiwi, M.Pd Kata kunci : Konseling Individu Teknik Reinforcement positif, Motivasi Belajar remaja broken home Latar belakang dalam penelitian ini adalah dampak yang ditimbulkan dari keluarga broken home sangat dirasakan bagi anak, tak terkecuali pada aspek belajar anak. Konseling individu teknik reinforcement positif diberikan kepada remaja broken home untuk dapat meningkatkan motivasi belajarnya dan mengubah perilaku negatif menjadi positif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari penggunaan layanan konseling individual dengan teknik reinforcement positif untuk meningkatkan motivasi belajar remaja broken home di Dusun Karangduwet, Desa Karangtalok, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa data primer yaitu responden, dan data sekunder berupa keterangan orang tua/wali dari subjek penelitian, dokumen pendukung yang diperoleh dari Desa Karangtalok sumber pustaka dan studi dokumentasi. Wujud data berupa kata-kata dari hasil wawancara dan tambahan dari dokumen. Penulis memilih subjek penelitian sebanyak tiga responden, yaitu remaja tingkat SMP yang berasal dari keluarga broken home. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan layanan konseling individu teknik reinforcement positif dapat meningkatkan motivasi belajar remaja yang berasal dari keluarga broken home. Hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa perubahan perilaku yang terjadi pada ketiga subjek yaitu: rajin mengerjakan tugas yang diberikan, giat dalam belajar, memiliki motivasi untuk berprestasi, dan juga menurunya frekuensi perilaku negatif yang ada dalam diri subjek seperti mengurangi kebiasaan kumpul-kumpul (nongkrong) pada malam hari. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggali lebih dalam lagi mengenai dampak yang terjadi akibat broken home yang ada di Dusun Karangduwet Desa Karangtalok Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Ananta Rinaldi Ananta rifqi leo rinaldi
Date Deposited: 26 Aug 2020 01:56
Last Modified: 26 Aug 2020 01:56
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item View Item