ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL MENURUT POLYA

Erfani, Gita Aulia (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL MENURUT POLYA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI GITA AULIA (1716500023).docx
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

ERFANI, GITA AULIA. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmetika Sosial Menurut Polya (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I M. Shaefur Rokhman., M.Si Pembimbing II Rizqi Amaliyakh S., M.Pd Kata Kunci : Analisis, Kesalahan Siswa, Soal Cerita Matematika, Materi Aritmetika Sosial, Polya Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial menurut Polya, dan (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial menurut Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 11 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan subjek menggunakan nilai tes Penilaian Tengah Semester Genap sebanyak 6 subjek yaitu 2 subjek dari kelompok tinggi, 2 subjek dari kelompok sedang, dan 2 subjek dari kelompok rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Kesalahan yang dilakukan siswa, antara lain: (a) Kesalahan pada langkah memahami masalah termasuk ke dalam kategori yang cukup tinggi. Pada kesalahan memahami masalah, siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, (b) Pada kesalahan menyusun rencana, siswa kurang tepat dalam menyusun langkah-langkah penyelesaian dalam soal, (c) Pada kesalahan melaksanakan rencana, siswa tidak menuliskan rumus yang digunakan dalam menyelesaikan soal, siswa lupa atau salah menuliskan operasi dalam perhitungan, salah dalam menghitung, dan tidak menuliskan kesimpulan sesuai dengan permasalahan yang diberikan, (d) Pada kesalahan memeriksa kembali solusi yang diperoleh, siswa tidak memeriksa kembali solusi yang diperoleh, dan siswa kurang tepat memperoleh jawaban akhir. (2) Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa, yaitu: (a) Siswa tidak memahami maksud dari soal sehingga tidak menyertakan yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (b) Siswa tidak mampu mengaitkan kalimat matematika yang ada pada soal, dan tidak mengetahui langkah mana yang dipilih dalam menyusun rencana, (c) Siswa tidak hafal rumus untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan, siswa tidak teliti dalam proses perhitungan, siswa tidak menuliskan kesimpulan sesuai dengan permasalahan yang diberikan dan konsep dasar perkalian kurang, (d) Siswa tidak memeriksa kembali langkah dalam melaksanakan rencana apakah sudah benar atau salah, (e) Rendahnya motivasi belajar siswa, (f) Terpengaruh dengan teman.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gita Aulia Erfani
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:34
Last Modified: 10 Jan 2023 03:18
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2319

Actions (login required)

View Item View Item