ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN BERBASIS E-KELURAHAN DI KECAMATAN MARGADANA

BUDIANTO, ARI (2020) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN BERBASIS E-KELURAHAN DI KECAMATAN MARGADANA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
Skripsi; Ari Budianto.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Ari Budianto NPM: 2116500006 Judul: Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Berbasis E-Kelurahan Di Kecamatan Margadana. Skripsi, Ilmu Pemerintahan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dra. Sri Sutjiatmi, M.Si dan Pembimbing II: Arif Zainudin, S.IP, MA. Pelayanan publik merupakan suatu tolok ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata. Pemerintah Kota Tegal melakukan terobosan inovasi pelayanan publik dengan menyelenggarakan Elektronic-Kelurahan (E-Kelurahan). E-Kelurahan adalah terobosan inovasi pembuatan surat-surat pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang dibuat oleh Unit Satuan Kerja Daerah yang dikoordinasikan oleh kecamatan. Analisis tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan berbasis E-Kelurahan yang dilakukan di Kantor Kecamatan Margadana belum dilakukan secara berkala. Kepuasan masyarakat yang mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan Kantor Kecamatan Margadana menjadi hal menarik untuk dikaji, karena bermaksud untuk mengetahui lebih mendalam mengenai kepuasan masyarakat terhadap pelayanan berbasis E-Kelurahan di Kecamatan Margadana. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan berbasis E-Kelurahan. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Margadana dengan jumlah responden 100 orang dengan menggunakan penelitian sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai IKM terhadap pelayanan berbasis E-Kelurahan Kecamatan Margadana tahun 2020 adalah memperoleh nilai 91,39 yang dikonversikan ke dalam mutu pelayanan maka tergolong kategori A atau kinerja pelayanan sangat baik. Dari Sembilan unsur sebagai parameter kepuasan masyarakat pelayanan E-Kelurahan di Kecamatan Margadana yang mendapatkan nilai mutu pelayanan A (sangat baik) meliputi persyaratan, sistem mekanisme dan prosedur, produk spesifikasi jenis layanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan, dan sarana dan prasarana. Sedangkan unsur pelayanan seperti waktu pelayanan dan biaya/tarif, tergolong ke dalam mutu pelayanan B (baik). Melihat hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti memberikan rekomendasi perbaikan proses pelayanan dalam unsur waktu pelayanan, biaya/tarif, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, sarana dan prasarana. Kata Kunci: Pelayanan Publik, E-Kelurahan, Kepuasan Masyarakat

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Ari Budianto
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:04
Last Modified: 26 Aug 2020 02:04
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item View Item