Efektivitas Pembelajaran Melalui Whatsapp Grup Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Mustami, Siska Sagita (2020) Efektivitas Pembelajaran Melalui Whatsapp Grup Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
1._fix_Microsoft_Word_-_Siska_Sagita_Mustami_Revisi_2.docx_4_[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

MUSTAMI, SISKA SAGITA. 2020. Efektivitas Pembelajaran melalui WhatsApp grup terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X MIA Semester II SMA Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020 pada Materi Vektor). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Paridjo., M.Pd Pembimbing II : Wikan Budi Utami.,M.Pd Kata Kunci : Efektivitas, WhatsApp grup, Kemampuan Pemecahan Masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran melalui WhatApp grup dapat mencapai KKM 77.(2) Pembelajaran melalui WhatsApp Grup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi penelitian peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Ketanggungan kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t satu sampel pihak kanan, uji Paired Sample T Test dan Uji N-Gain. Hasil penelitian : (1) Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakanpembelajaran melalui WhatsApp grup mencapai 77. (2) Pembelajaran melalui WhatsApp Grup tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Pada nilai pembelajaran melalui WhatsApp grup (posttest) lebih kecil dari nilai pembelajaran luring (pretest) ini berarti peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran melalui WhatsApp grup (Posttest) tidak lebih baik dari pembelajaran luring (Pretest) dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, hal ini dikarenakan pada pembelajaran luring guru berinteraksi langsung dengan peserta didik sehingga terpantau seluruh kegiatan pembelajaran dibandingkan dengan WhatApp grup.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siska Sagita Mustami
Date Deposited: 27 Aug 2020 00:49
Last Modified: 11 Jan 2023 02:12
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2366

Actions (login required)

View Item View Item