ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Alamsyah, Ilham (2020) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi_Ilham_Alamsyah_W2016[1].pdf

Download (8MB)

Abstract

Peserta didik kelas VIIsering membuat kesalahan pada saat mengerjakan soal pemecahan masalah dalam bentuk soal cerita. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui penyebab hal tersebut terjadi adalah dengan menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan persentase kesalahan pemecahan masalah berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Dukuhturi pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIB yang berjumlah 29 peserta didik. Pengambilan subjek wawancara dilakukan secara purposive sampling. Subjek penelitian yang akan diwawancari diambil 6 dari 29 peserta didik kelas VIIB, masing-masing terdiri dari 2 peserta didik dari kelompok atas, 2 peserta didik dari kelompok tengah dan 2 peserta didik dari kelompok bawah. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait dengan hasil pekerjaannya pada soal cerita materi segitiga dan segiempat. Kemudian akan dilakukan crosscheck terhadap keenam peserta didik tersebut. Crosscheck dilakukan dengan cara triangulasi. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 soal esai pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan prosedur Newman, jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh peserta didik adalah kesalahan pada keterampilan proses dan kesalahan yang paling sedikit dilakukan oleh peserta didik adalah kesalahan transformasi. Dengan persentase : (1) kesalahan membaca masalah mencapai 39,3%, (2) kesalahan memahami masalah mencapai 45,5%, (3) kesalahan transformasi mencapai 31,1%, (4) kesalahan keterampilan proses mencapai 37,9%, dan (5) kesalahan penulisan jawaban akhir mencapai 48,2%.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ilham Alamsyah
Date Deposited: 27 Aug 2020 00:49
Last Modified: 27 Aug 2020 00:49
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2374

Actions (login required)

View Item View Item