ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Syifaul, Jannah (2020) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SYIFAUL JANNAH-1716500058-PMTK-1.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK JANNAH, SYIFAUL. 2020. berjudul “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur newman (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 13 Tegal Tahun Ajaran 2019/2020 Pada Materi Pokok Aritmatika Sosial)”.Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Hj.Isnani,M.Si,.M.Pd. Pembimbing II Drs.Suwandono,M.Pd. Kata Kunci : Analisis, Analisis Kesalahan Soal Cerita, Kesalahan Newmann Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan Peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmatika sosial berdasarkan analisis kesalahan Newman;dan (2) Mendeskripsikan penyebab terjadinya kesalahan Peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 13 Tegal Tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan Subjek menggunakan purposive sampling dari nilai tes sebanyak 5 subjek. Teknil pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, tes dan wawancara.. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Kesalahan yang dilakukan oleh Peserta didik kelas VII A SMP Negeri 13 Tegal dalam menyelesaikan soal cerita Aritmatika sosial adalah kesalahan memahami masalah , kesalahan transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Kesalahan memahami masalah disebabkan peserta didik lupa dan menganggap tidak perlu untuk menuliskan yang diketahui dan ditanyakan pada soal. Kesalahan transformasi masalah disebabkan peserta didik tidak dapat menentukan rumus apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan keterampilan proses disebabkan peserta didik kurang teliti dalam melakukan operasi perhitungan pada soal. Kesalahan yang terakhir yaitu kesalahandalam menuliskan jawaban akhir disebabkan karena peserta didik tidak membuat kesimpulan, tidak menemukan hasil akhir dari penyelesaian serta mengabaikanya karena merasa tidak perlu dan lupa sehingga peserta didik tidak menuliskan kesimpulan akhir dari soal yang telah dikerjakan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Syifa Syifaul Jannah
Date Deposited: 27 Aug 2020 06:21
Last Modified: 27 Aug 2020 06:21
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item View Item