IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Leila Ana, Safitri (2020) IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI LEILA BENAR.pdf

Download (4MB)

Abstract

SAFITRI, LEILA ANA. 2020.”Implementasi Sistem Full Day School Untuk Meningkatkan Etika Pergaulan Pada Peserta Didik Kelas XI SMA PGRI 1 Taman Kab. Pemalang Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Sukoco K.W., M.Pd., Pembimbing II: Dr. Maufur, M.Pd. Kata Kunci : Full day school, Etika pergaulan Perubahan sosial yang diakibatkan oleh perkembangan zaman yang begitu cepat telah mempengaruhi kehidupan masyarakat. Nilai-nilai religius dan sosial yang dijunjung telah dikesampingkan. Hal tersebut juga terjadi pada peserta didik, banyak diantara mereka yang berperilaku tidak sesuai dengan etika dan dianggap sebagai hal biasa. Penerapan sistem full day school merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Implementasi sistem full day school, 2) Peningkatan etika pergaulan selama 2 tahun mengikuti full day school, dan 3) Faktor pendukung serta penghambat dalam meningkatkan etika pergaulan melalui sistem full day school pada peserta didik kelas XI SMA PGRI 1 Taman Kab. Pemalang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Dari hasil analisis, menunjukkan bahwa: 1) Implementasi full day school di SMA PGRI 1 Taman Kab. Pemalang berlangsung dari pukul 07.00 s/d 15.30 dan berjalan kurang baik, 2) Setelah menjalankan full day school selama 2 tahun dengan beberapa program kegiatannya, etika pergaulan peserta didik kelas XI mengalami peningkatan menjadi lebih baik. Dari yang sebelumnya saat bertemu guru tidak menyapa sekarang menundukkan kepala dan tersenyum, menghargai dengan mendengarkan nasehat dan pendapat beberapa warga sekolah, serta mengurangi merokok, 3) Faktor pendukung dalam meningkatkan etika pergaulan peserta didik melalui sistem full day school antara lain masyarakat yang tidak pernah komplain kepada pihak sekolah perihal kegiatan dan cara guru membimbing peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai, serta pendanaan yang cukup. Sedangkan faktor penghambatnya datang dari guru yang kurang profesional dalam menjalankan tugasnya. Saran dari penulis diharapkan guru lebih kreatif dalam memberikan metode pembelajaran, sering mengajak diskusi peserta didik untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan etika pergaulan, serta adanya peningkatan dukungan dan kerjasama dari yayasan, warga sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membantu meningkatkan etika pergaulan peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Leila Ana Safitri
Date Deposited: 27 Aug 2020 00:51
Last Modified: 27 Aug 2020 00:51
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item View Item