Analisis Gradeless terhadap Kompetensi Abad 21 (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Talang Tahun Ajaran 2019/2020 Materi Pokok Garis Singgung Lingkaran)

Hidayah, Uly (2020) Analisis Gradeless terhadap Kompetensi Abad 21 (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Talang Tahun Ajaran 2019/2020 Materi Pokok Garis Singgung Lingkaran). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI ULYHIDAYAH 1716500065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI ULYHIDAYAH 1716500065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Gradeless merupakan suatu rangkaian proses pembelajaran yang salah satu inti kegiatannya adalah penilaian terhadap lembar kerja peserta didik tanpa memberikan angka atau huruf melainkan dengan memberikan umpan balik pada setiap pekerjaan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa secara umum gradeless memberikan pengaruh yang baik subjek penelitian. Gradeless membuat subjek penelitian lebih fokus terhadap apa yang sedang dipelajarinya sehingga subjek penelitian akan lebih peka untuk mempelajari setiap detail materi yang diberikan. Umpan balik yang diberikan ketika gradeless membuat subjek penelitian memeriksa kembali pekerjaan yang sudah dibuatnya Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gradeless terhadap kompetensi abad 21 peserta didik kelas VIII SMP N 1 Talang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 3 peserta didik kelas VIII Tahun Ajaran 2019/2020 dengan kriteria bermasalah yang direkomendasikan oleh guru matematika berkoordinasi dengan guru BK. Teknik Pengumpulan data dengan dokumentasi, tes dan wawancara. Pengaruh gradeless terhadap kompetensi abad 21 pada subjek penelitian yang merupakan siswa bermasalah dapat dikatakan memberikan pengaruh yang baik. Hal ini memberikan peluang yang besar bahwa gradeless secara umum akan memberikan pengaruh baik kepada semua jenis peserta didik

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Uly Hidayah
Date Deposited: 27 Aug 2020 00:51
Last Modified: 10 Jan 2023 03:16
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2439

Actions (login required)

View Item View Item