ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap di SMK Islam Terpadu Warungpring, Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020)

Vindianti, Elenna Mei (2020) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap di SMK Islam Terpadu Warungpring, Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi thesis, Universitas Pncasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSIKU FULL_2.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK VINDIANTI, ELENNA MEI. 2020 Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan SoalUraian Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap di SMK Islam Terpadu Warungpring, Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Suwandono, M.Pd. Pembimbing II Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd. Kata Kunci: Analisis, kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal uraian matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukanpeserta didik kelas X di SMK Islam Terpadu Warungpring Pemalang dalam menyelesaikan soal uraian Matematika pada Ujian Tengah Semester genap. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yaitu wawancara dan data sekunder yaitu dokumentasi berupa lembar jawab Ujian Tengah Semester peserta didik. Subjek penelitian diambil 2 peserta didik dari kelas X TBSM di SMK Islam Terpadu Warungpring Pemalang. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman dengan langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Jenis kesalahan yang dilakukanpeserta didik kelas X TBSM di SMK Islam Terpadu Warungpring Pemalang dalam menyelesaikan soal uraian Matematika pada Ulangan Tengah Semester genap Tahun pelajaran 2019/2020 yaitu meliputi:1) kesalahan fakta yang dilakukan oleh S05 dan S07 dengan kesalahan tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, 2) kesalahan konsep yang dilakukan oleh S07 dengan kesalahan tidak menuliskan rumus yang sesuai dalam menyelesaikan soal, 3) dan kesalahan prosedur yang dilakukan oleh S05 dan S07 dengan kesalahan tidak menuliskan kesimpulan dalam menyelesaikan soal, serta tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian yang tepat dalam menyelesaikan soal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Elenna Mei Vindianti
Date Deposited: 27 Aug 2020 00:51
Last Modified: 27 Aug 2020 00:51
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2442

Actions (login required)

View Item View Item