ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI WATSON

Mohamad, Yusup (2020) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI WATSON. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI WATSON.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di SMA N 1 Wanasari terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan belajar terutama dalam memahami soal-soal matematika sehingga mengalami kesalahan dalam menjawab soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui : (1) jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi fungsi komposisi berdasarkan teori Watson, (2) persentase dominan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi fungsi komposisi berdasarkan teori Watson, (3) persentase dominan kesalahan peserta didik secara keseluruhan soal tes berdasarkan teori Watson. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Wujud data dalam penelitian ini adalah hasil dari jawaban peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi fungsi komposisi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan ketika data sudah terkumpul dari jawaban tes peserta didik dalam mengerjakan soal dan kemudian dianalisis setiap kesalahan berdasarkan teori Watson. Hasil penelitian menyatakan: (1) Jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah data tidak tepat (id), prosedur tidak tepat (ip), data hilang (od), kesimpulan hilang (oc), manipulasi tidak langsung (um), masalah hierarki keterampilan (shp), dan selain kesalahan diatas (ao), (2) persentase dominan kesalahan dari setiap kategori kesalahan pada setiap nomor soal sebagai berikut nomor 1 adalah ip sebesar 1,86%, nomor 2a adalah oc sebesar 4,35%, nomor 2b adalah shp dan ao sebesar 5,59%, nomor 3 adalah um sebesar 3,31%, nomor 4a adalah oc sebesar 4,55%, nomor 4b adalah oc sebesar 5,18%, nomor 5a adalah oc sebesar 5,80%, nomor 5b adalah ao sebesar 6%, (3) kategori kesalahan yang paling dominan dilakukan peserta didik secara keseluruhan dari soal tes adalah kesimpulan hilang (oc) sebesar 33,33%

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mohamad yusup
Date Deposited: 27 Aug 2020 06:46
Last Modified: 27 Aug 2020 06:46
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2472

Actions (login required)

View Item View Item