GANGGUAN BERBAHASA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SLB NEGERI 1 PEMALANG

NUGRAHAENI, AGUSTYA (2020) GANGGUAN BERBAHASA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SLB NEGERI 1 PEMALANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
CETAK SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berisikan tentang gambaran umum mengenai gangguan berbahasa pada anak berkebutuhan khusus dan implikasinya bagi pembelajaran bahasa Indonesia di SLB Negeri 1 Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui jenis gangguan berbahasa pada anak berkebutuhan khusus dan implikasinya bagi pembelajaran Bahasa Indonesia di SLB Negeri 1 Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data adalah guru atau karyawan di SLB Negeri 1 Pemalang dengan wujud data hasil peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah yang diperoleh peneliti melalui wawancara yang berupa kartu data, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga teknik yaitu pengklasifikasian, pendeskripsian serta penyimpulan kemudian penyajian hasil analisis yaitu menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jenis gangguan Bahasa yang dialami oleh anak penyandang disabilitas tunagrahita di SLB Negeri 1 Pemalang terletak pada keterbelakangan intelektual yang disebabkan oleh beberapa faktor terkait yang dapat menyebabkan penderitanya memiliki kecerdasan intelektual di bawah rata-rata, keterbatasan dalam fungsi intelektual yang diantaranya yaitu kecerdasan penalaran, penyelesaian masalah, keterampilan kognitif, pembelajaran serta terdapat gangguan-gangguan berbahasa pada kondisi khusus, gangguan berbahasa secara kognitif, gangguan berbahasa secara linguistik dan gangguan bahasa dilihat dari perkembangan bahasanya gangguan bahasa pada anak berkebtuhan khusus jika diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia keduanya saling berkaitan. Kata kunci: Gangguan Berbahasa, Anak Berkebutuhan Khusus, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: AGUSTYA NUGRAHAENI DYAH
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:15
Last Modified: 10 Jan 2023 06:17
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2477

Actions (login required)

View Item View Item