PENERAPAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP INTENSITAS MINAT BELAJAR DI RUMAH PESERTA DIDIK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019

Iskandar, Iko Wahyu (2019) PENERAPAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP INTENSITAS MINAT BELAJAR DI RUMAH PESERTA DIDIK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ISKANDAR, IKO WAHYU. 2019. “Penerapan Full Day School Terhadap Intensitas Minat Belajar Di Rumah Peserta Didik Kelas X SMK Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Ajaran 2018/2019”. Pembibing I :Dr. Tity Kusrina, M. Pd Pembimbing II :Dra. Mursyidah Dwi Hartati, SH, MH Kata kunci : Full Day School dan Minat Belajar Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Full Day School pada peserta didik. Bagaimana intensitas minat belajar peserta didik. Apakah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan full day school terhadap intensitas minat belajar dirumah pesert didik kelas X SMK Muhammadiyah Kota Tegal tahun ajaran 2018/2019. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara penerapan full day school terhadap intensitas minat belajar dirumah pesert didik kelas X SMK Muhammadiyah Kota Tegal tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Kota Tegal tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 150 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 30 peserta didik diambil secara acak. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik purposif sampling (pengambilan sampel berdasarkan tujuan). Sampel ini bemaksud untuk mendapat tujuan tertentu. Tujuan yang hendak dicapai adalah mengidentifikasi peserta didik yang memiliki perubahan pada kesadaran akan minat belajar terhadap penerapan full day school disekolah yang bertujuan meningkatkan sikap keterbukaan. Penulis menggunakan tes tertulis sebagai instrumen penelitian. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, penulis menguji instrumen tersebut dengan memberikan tes kepada 30 peserta didik yang mempunyai kemampuan yang sama dengan sampel. Berdasarkan hasil analisis, Hasil rhitung (korelasi rxy) sebesar 0,601 ternyata lebih besar dari rtabel dengan N = 30 taraf signifikan 5% diperoleh rtabel = 0,374 sehingga dengan demikian rhitung > rtabel (0,601 > 0,374) karena rhitung lebih besar dari nilai rtabel, maka Hipotesis nihil (Ho) yang mengemukakan “Tidak ada pengaruh full day school terhadap intensitas minat belajar dirumah peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Kota Tegal tahun ajaran 2018/2019”, ditolak. Hal ini berarti menerima hipotesis kerja (Ha) yang mengemukakan “Ada Pengaruh Penerapan Full Day School Terhadap Intensitas Minat Belajar dirumah Peserta Didik Kelas X SMK Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Ajaran 2018/2019”. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara penerapan full day school terhadap intensita minat belajar di rumah peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Ajaran 2018/2019. Keduanya termasuk dalam kategori cukup, maka pelaksanaanya perlu ditingkatkan lagi agar masuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Oct 2019 03:46
Last Modified: 07 Feb 2022 02:04
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item